Penyebab dan gejala kelahiran prematur

Salah satu masalah / komplikasi kehamilan adalah kelahiran prematur. Kelahiran prematur terjadi ketika tubuh Anda sudah akan bersalin usia kehamilan yang masih belum cukup bulan, yaitu usia kehamilan dibawah 38 minggu. Ilmu kedokteran yang semakin berkembang telah menemukan berbagai cara untuk menunda persalinan prematur. Semakin lama bayi berada dalam kandungan Anda, maka semakin kecil risiko bayi bermasalah setelah kelahiran.

Penyebab kelahiran prematur :

• Riwayat kelahiran prematur pada kehamilan sebelumnya ataupun riwayat pada anggota keluarga lain
  • Mempunyai kondisi medis yang kurang baik seperti tekanan darah tinggi, diabetes, preeklampsia, gangguan pembekuan darah dll
  • Hamil dengan bayi kembar
  • Hamil dengan bayi dengan cacat tertentu
  • Kehamilan dengan jarak yang terlalu dekat
  • Merokok
  • Kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan ibu
  • Tidak melakukan perawatan sebelum kelahiran (antenatal care) dengan baik
  • Meminum alkohol atau obat-obatan terlarang pada masa kehamilan
  • Hamil dengan bayi fertilisasi in vitro/bayi tabung

Ada gejal-gejala tertentu yang harus Anda ketahui terkait dengan kelahiran prematur. Semakin Anda peka dengan gejala-gejala yang ditunjukan, penanganan bisa dilakukan secepatnya sehingga bayi Anda bisa diusahakan tetap berada dalam kandungan (tidak harus lahir prematur).

Gejala persalinan prematur  :

• Sakit punggung, Sakit punggung yang terjadi biasanya di bagian bawah, sakit ini biasanya terjadi secara konstan ataupun datang dan pergi. Sakit punggung ini tidak akan hilang walaupun Andamengubah posisi menjadi lebih nyaman.
  • Kontraksi, Terjadi kontraksi setiap 10 menit atau lebih
  • Cairan keluar dari vagina anda
  • Kram pada perut bagiah bawah, kramnya mirip dengan kram saat menstruasi. Terasa sakit seperti pada saat diare
  • Terjadi tekanan pada bagian panggul dan vagina
  • Pendarahan pada vagina, darah yang berwarna terang
  • Gejala yang mirip ketika terjadi flu seperti mual, muntah atau diare.

Apabila Anda mengalami gejala di atas segera bertemu dokter Anda untuk mendapatkan penanganan secepatnya supaya persalinan prematur dapat dicegah. Jadi Anda harus benar-benar peka, walaupun Anda hanya mengalami gejala-gejala ringan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda.