ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Tips ingin hamil : do’s and dont’s

Submitted by on Friday, 21 January 2011168 Comments

Kehamilan adalah masa yang menyenangkan. Pada sebagian pasangan terjadinya kehamilan mudah diperoleh, namun pada sebagian lainnya menjadi hamil membutuhkan banyak kesabaran, usaha maksimal, menjalani pengobatan hingga pembedahan.

Jika Anda ingin cepat hamil ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Lakukan hubungan intim secara teratur. Jika pasangan secara konsisten berhubungan intim dua atau tiga kali seminggu, hampir pasti akan bertemu masa subur pada beberapa kesempatan.  Bagi pasangan yang sehat sistem reproduksinya tidak diperlukan sanggama yang dilakukan terlalu sering karena akan membuat kuantitas sperma menjadi kurang baik.
  2. Melakukan hubungan intim pada saat dekat waktu ovulasi. Hubungan intim yang intens pada 1-2 hari sebelum hingga sesudah ovulasi dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan. Dibandingkan sebelum ovulasi peluang berhubungan setelah ovulasi lebih kecil.
  3. Pola hidup sehat. Jagalah berat badan yang ideal, olah raga teratur (2-3 kali seminggu), makan makanan yang sehat dan menyehatkan (4 sehat 5 sempurna), membatasi asupan kafein, menghindari stres dan pola perilaku seksual sehat berperan dalam kesehatan reproduksi pasangan.
  4. Cukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Kecukupan akan vitamin, kalsium dan mikronutrien berperan penting dalam kesehatan sel telur dan sperma dan memainkan peran penting dalam perkembangan bayi. Konsumsi asam folat, kalsium, beberapa vitamin A , selenium, zink, beberapa bulan sebelum kehamilan sangat diperlukan dalam mencegah masalah kecacatan pada janin.
  5. Pemeriksaan kesehatan pra-marital. Mengetahui status kesehatan pasangan penting untuk dilakukan agar apabila ada masalah penyakit dan kelainan bawaan dapat diantisipasi secara dini. Pemeriksaan juga penting dalam mempersiapkan kehamilan nantinya.
  6. Hindari merokok. Rokok mengandung puluhan zat beracun yang sangat merusak sistem saluran reproduksi. Tembakau dapat mengubah lendir serviks menjadi mengental sehingga sperma sulit masuk ke dalam rahim. Zat dalam rokok dapat membuat bulu getar pada saluran telur/tuba menjadi rontok sehingga gerakan sel telur menjadi sulit. Merokok juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan pada saat hamil dapat membuat janin kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga pertumbahan janin terhambat. Jangan lupa pasangan yang merokok ikut berpengaruh.
  7. Minum alkohol. Hindari alkohol karena  dapat berpengaruh pada pertumbuhan janin nantinya.
  8. Konsumsi narkotika, zat adiktif bahkan obat-obatan tanpa resep dokter yang berlebihan dapat membuat sulit untuk hamil.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.