ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Proses melahirkan/persalinan pada manusia

Submitted by on Monday, 21 June 2010No Comment

Melahirkan adalah ujung dari proses penantian yang panjang selama kehamilan. Pada manusia usia kehamilan hingga melahirkan rata-rata 280 hari. Ada perbedaan penyebutan untuk menggambarkan usia kehamilan, dokter kandungan menyebut 40 minggu dihitung dari hari pertama mens terakhir dan berpedoman bahwa 1 bulan adalah 28 hari. Orang awam sering menyebut 9 bulan 10 hari dengan anggapan 1 bulan 30 hari. Semuanya tepat, tergantung dari mana pedoman atau patokan yang dianut.

Persalinan adalah proses keluarnya janin dari dalam rahim ke dunia luar.

Proses Persalinan dapat dilakukan melalui jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea).

Pada manusia 90 % persalinan dapat dilakukan melalui jalan lahir, hanya sebagian kecil yang membutuhkan persalinan melalui operasi/ bedah sesar.

Persalinan melalui vagina sering kali awam disebut persalinan normal. Memang benar namun ada perbedaan antara persalinan normal dengan persalinan spontan. Pada persalinan pervaginam dapat dilakukan secara spontan (menggunakan tenaga dan usaha ibu sendiri) atau menggunakan bantuan alat khusus. Sedangkan pada persalinan normal adalah persalinan spontan pada presentasi kepala (kepala keluar lebih dahulu)

Persalinan normal

Persalinan normal  adalah persalinan pada presentasi  belakang kepala (kepala janin lahir terlebih dahulu) melalui jalan lahir/vagina.  Janin cukup bulan (38-42 minggu), lahir spontan / tanpa memakai alat, tidak menimbulkan komplikasi pada ibu maupun bayi dan berlangsung dalam waktu 18-24 jam.

persalinan normal

Persalinan Spontan

Persalinan spontan merupakan definisi umum persalinan yang lahir melalui vagina tanpa bantuan peralatan khusus. Sepenuhnya mengandalkan tenaga dan usaha ibu. Persalinan dapat terjadi pada presentasi kepala /persalinan normal atau presentasi bokong (sungsang). Walaupun risiko persalinan sungsang 3 kali lebih berbahaya dibanding dengan persalinan kepala namun tetap dapat dilakukan.

sungsang1

Persalinan patologis / dengan bantuan

Selain itu persalinan melalui vagina (pervaginam) dapat pula dilakukan dengan bantuan dokter menggunakan alat khusus . Penggunaan bantuan alat hanya dapat dilakukan pada presentasi kepala. Peralatan yang digunakan misalanya “vakum”  yang menyedot kepala janin (disebut juga sebagai ekstraksi vakum) atau menggunakan forsep (alat mirip tang) yang menjepit dan menarik kepala janin (ekstraksi forseps).

vakum-forsep

Pada persalinan sungsang dapat pula dokter berperan secara aktif untuk membantu ibu untuk melahirkan bokong sampai kepala dengan cara ekstraksi/ menggunakan manuver tertentu untuk melahirkan bokong, bahu dan kepala janin.

sungsang dengan alat

Apabila setelah melalui pemeriksaan teliti proses persalinan tidak dapat dilakukan melalui jalan lahir, maka persalinan dilakukan melalui jalan operasi /pembedahan Pengeluran janin melalui pembedahan dimana janin dilahirkan melalui irisan pada dinding perut dan dinding rahim.  Tindakan ini dinamakan pembedahan Seksio Sesarea atau dikenal juga dalam bahasa inggris dengan nama Cesarean section / C-Section

seksio


Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.