Operasi pengangkatan mioma saat operasi sesar (SC)

24
1496

Mioma uteri adalah tumor jinak pada dinding otot rahim. Sebagian besar mioma bersifat tumor jinak, hanya sebagian kecil bersifat ganas. Mioma dapat sebabkan kesulitan dalam mempunyai anak. Namun cukup sering pula kehamilan disertai dengan mioma.

Adanya mioma apalagi berukuran besar (diatas 5 cm) dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti kelainan letak janin, kelahiran prematur, ketuban pecah dini, kontraksi rahim yang sering dirasakan.

Jika terjadi kelainan letak janin saat kehamilan lanjut seperti letak lintang atau sungsang maka operasi sesar (SC) merupakan pilihan dalam melahirkan janin. Muncul pertanyaan dari pasien dan keluarga apakah saat operasi SC dapat sekalian dilakukan tindakan pengangkatan tumor/mioma tersebut ?

Komplikasi dan persiapan operasi

Dokter akan mempertimbangkan apakah bisa mengangkat mioma saat SC karena tindakan ini mempunyai risiko pembedahan. Risiko saat operasi dapat terjadi perdarahan yang bila tidak dapat diatasi bisa berlanjut pada pengangkatan rahim bahkan kematian ibu.

Dokter juga akan pertimbangkan kemudahan dalam proses operasi, kemampuan teknik dokter yang bersangkutan, ketersediaan darah (sebagai pencegahan terjadinya perdarahan yang ada jika transfusi diperlukan).

Berikut saya sajikan kasus pengangkatan mioma dengan ukuran 12 cm saat SC dengan kasus janin letak lintang. Alhamdulillah mioma dapat diangkat dengan baik dengan perdarahan yang tidak berlebihan. Kondisi ibu dan janin baik.

Mioma sc_1

mioma_sc_penjahitan

Mioma sc_4_drprima

Mioma sc_6_edit

Jadi jika dipertimbangkan mioma bisa diangkat saat SC walaupun ukurannya besar, maka tindakan ini bisa dilakukan. Jadi tidak perlu operasi 2 kali kan ? Sekali buka perut bisa beres semuanya..

24 COMMENTS

  1. Dok..
    9 bulan lalu saya sc dan ternyata ada mioma. Langsung pd saat itu miomanya diangkat. Alhamdulillah… Yang jadi pertanyaan saya mioma uteri itu penyebabnya apa ya dok?

  2. Bu Nia
    Wah bagus juga bsa sekalian diangkat..penyebab mioma secara pasti hingga seKarang belum tahu secara pasti, bisa karena keturunan, hormonal

  3. dok, usia saya 33 tahun. sudah menikah desember 2011 tp blm punya anak. sekitar hampir 3 tahun yang lalu ditemukan miom dirahim saya, waktu itu ukurannya 6 cm. tp sekarang sepertinya sudah jauh lebih besar. kalau diraba sudah terasa dan keras. sy tidak berani operasi takut klau rahim sy diangkat. sy cuma berobat ditempat alternatif dan konsumsi obat tradisional, dari beberapa tempat sy berobat mereka bilang kalau miom sy berada diluar rahim. tp krna ukurannya sudah besar sudah menutup pintu rahim. kalaupun saat sini sy ingin operasi apakah sampai harus mengangkat rahim dikarenakan ukurannya sudah besar. kkak ipar sy juga menderita miom seperti sy. dan dia sudah operasi skitar 7 bulan yg lalu. pd pemeriksaan sblm operasi dokternya menyatakan hanya akan dilakukan pengangkatan miomnya sj karna berada diluar rahim. tetapi pada saat operasi ternyata harus diangkat rahimnya juga. operasi dibanda aceh dilakukan oleh dr taufiq. sy takuta hal demikian juga terjadi di kasus saya.

  4. dr, saya punya mioma 14 cm sekarang jadi 2,5 cm tetapi dr tetap harus dioperasi. umur saya 43 tahun tapi belum menikah. kemarin karena perdarahan dr kasih obat lutenyl selama 7 hari tapi efeknya sakit kepala hebat dan badan kurang enak. apakah harus dihentikan obatnya ? kata drnya setelah obat ini habis bulan depan saya harus terapi hormonal selam 3 bulan dengan pil KB. Apakah dengan terapi itu miomanya akan mengecil? Terimaksih dr

  5. Dok, isteri sy usia kehamilan 7 minggu, pd saat pertama periksa kehamilan usia 4 minggu dgn usg perut luar terlihat sdh ada kantung rahim & miom kecil di rahim bag atas,.. pd pemeriksaan kedua usia hamil 7 minggu dgn usg dlm (melalui vagina) terlihat lbh jelas ternyata ada 3 miom dgn letak kiri & kanan rahim (5 cm & 6 cm) serta 1 lg di bawah (2 cm),… kira 2x msh bisa kah isteri sy lahir normal tanpa SC ? kalau pun hrs SC apakah bs sekalian pengangkatan miom ? semuanya / sebagian ?

  6. Dok..
    Saya habis operasi pengangkatan miom
    Harus tunggu brp lama dok boleh hamil.
    Soalnya saya blum punya keturunan
    Terima kasih

  7. salam, dok saya kebetulan lagi hamil dan ada miomnya waktu USG ukuranya 12 cm, kata dokter tidak bisa di angkat saat caesar jadi harus 2x operasi, bagaimana ya dok, inginya satu kali operasi langsung angkat, bagaimana ya dok? terimakasih

  8. dokter, sy sedang hamil 12 minggu dan ada miom 9 cm, pinggang saya selalu sakit seperti orang menstruasi dan perut sering terasa kencang. apakah kondisi ini termasuk normal dok ?

  9. Salam dok, saya sedang hamil 5 bulan dan pada saat bersamaan ada mioma sebesar 7 cm. Mioma ini merupakan yang kedua setelah operasi pengangkatan mioma pada tahun 2011 yang lalu.
    Pertanyaan saya, dengan kondisi yang berulang seperti ini, apakah mungkin melakukan pengangkatan rahim pada saat operasi secar pada saat melahirkan nanti? maksudnya adalah agar tumbuhnya mioma tidak berulang dan terutama usia juga tidak memungkinkan untuk menambah keturunan.
    Mohon masukannya ya dok, terima kasih.

  10. Peggy, saya rasa pengangkatan rahim terlalu jauh. Bisa dilakukan pengangkatan miom pd saat operasi sesar sekalian

  11. Tergantung ukuran mioma, lokasinya, sayatannya. Bisa bervariasi. Kalo kecil dan simpel sih 3 bulan bisa. Kalo besar, sampai nembus endometrium bisa 1 tahun

  12. Bisa lahir normal kalo ga ada komplikasi saat mau lahiran. Mau operasi sesar juga bisa sekalian angkat miomanya

  13. Prinsip sih diangkat aja mioma nya. Memang kepastiannya ya saat operasi. Tapi kalo belum hamil ya sedapat mungkin rahim dipertahankan

  14. Wah sgt jarang yg 14 cm jadi 2,5 cm. Sy ga tau pasti. Hrs lihat dulu niomnya

  15. Salam Dok,waktu hamil saya periksa ke 2 dokter,dan semenjak 3 bulan s/d 6 bulan saya selalu pendarahan,keluar masuk rumah sakit dan kata doter karena plasenta ada di bwh.pada tgl 17/01/2017 saya di operasi sesar dan waktu hamil ada kista ukuran nya 5 cm tp kt dokter nya ga bisa sekalian diangkat bahaya,tp kt dokter yang satunya bisa SC sekalian kista diangkat tp sayang dokter yang bisa sc sekaligus angkat kista sedang cuti. pengen saya tanyakan bisa ga kista disembuhkan tanpa operasi? Saya takut di operasi lagi,Kalau boleh saya minta alamat Dokter,,,,saya ucapkan terima kasih sebelumnya

  16. Halo dok.. Saya hamil 17minggu dan ternyata ada 3 myoma yg ukurannya saat ini (7 cm, 6cm dan 3cm). Letak myoma menghalangi jalan lahir bayi dan kemungkinan besar melahirkan dengan SC. Apakah ada kemungkinan bisa sekalian angkat myoma saat SC? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

  17. Dok mau tnya apakah boleh angkat mium sekaligus sesar dan kb steril(dipotong jalur telurnya)?effectnya bagaimana?

  18. dok,

    menurut hasil pemeriksaan saya memiliki miom ukuran 2.5cm dan 2.4cm, umur saya 40th. dan dokter menyarankan operasi untuk angkat rahim saja.
    yang saya heran di january 2017 saya cek rahim di 2 dokter berbeda, tidak ada miom namun di february akhir mengapa tiba2 terlihat ada miom 2 buah dengan ukuran sebesar itu.
    apakah mungkin miomnya cepet besar dalam 1 bulan dok?

    apakah angkat rahim solusi terbaik untuk wanita umur 40 seperti saya?
    (sudah punya 2 anak)
    apakah bisa miom dikecilkan dengan obat dok?

    salam

  19. Saya harus periksa.. Tindakan bisa angkat muom nya aja atau angkat rahim sekalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here