Minggu Ketiga Kehamilan: Pembuahan, Pembelahan – Kehidupan Baru Dimulai

4
618

Setelah terjadi pembuahan (fertilisasi) antara sel sperma dan sel telur, hasil fertilisasi melakukan pembelahan diri menjadi 2,4,8,16 sel yang dinamakan Morula. Terus berkembang menjadi sel yang lebih kompleks dinamakan Blastula.

Sejak pembelahan awal, morula membelah di sepanjang tuba hingga mencapai rongga rahim. Semua informasi genetik telah terbentuk. Apakah sehat atau cacat, laki-laki atau perempuan telah ditentukan.  Sel tubuh ditentukan dari gabungan antara kromosom ayah dan ibu. Sel-sel berisi semua informasi genetik (DNA) yang diperlukan untuk menjadi seorang anak . Sedangkan jenis kelamin bayi ditentukan oleh kromosom sperma ayah (X atau Y).

Masa ini pembelahan sel calon janin dinamakan zigot. Zigot yang membelah bergerak menuju ke rahim sekitar 80 jam setelah ovulasi/masa subur. Proses implantasi dimulai sekitar 3-7 hari setelah pembuahan.

Ketika mencapai rahim, sel telur yang dibuahi akan “menancap” dalam endometrium yang menebal disebut desidua. Hal ini lah dimulai proses kehamilan. Terjadi implantasi. Sel yang semakin bertumbuh kembang dinamakan embrio/mudigah (hingga usia kehamilan 10-112 minggu).

Pada saat terjadi implantasi beberapa wanita mengalami perdarahan ringan /fleks (biasanya pada 7 hari sebelum mens berikutnya atau hari ke 21 pada siklus 28 hari). Perdarahan implantasi juga dinamakan tanda Hartman (Hartman Sign). Perdarahan bisa berlangsung 1-2 hari. Biasanya lebih sedikit dibanding darah haid. Jika Anda mengalaminya jangan khawatir karena perdarahan tersebut bisa dijadikan tanda awal terjadinya kehamilan. Perdarahan implantasi terjadi karena bagian dari trofoblas embrio (sinsitiotrofoblas) mulai “menyerang” pembuluh darah di desidua dan “mengambil alih” fungsi pembuluh darah yang nantinya akan berguna bagi tumbuh kembang janin.

4 COMMENTS

  1. Hai, dok. Sy kmrn telat 2 hari. Biasanya sih slalu normal. Tp di hari ke3 ini muncul bercak darah, tdk sebanyak saat haid, tp ga cm spotting. Perut kram, intens. Punggung/tulang ekor sakit, semacam linu. Mudah sekali lelah. Tiap selesai makan, rada eneg. Itu hamil atau sekadar dismenore ya dok? Sy blm TP krn tktnya bercak ini ternyata haid normal. Tks.

  2. hai dok slm knl.. sya mau tnya nch kmrn sy merasakn pendarahn dan hny berlngsung 2 hri .. biasa ny sy haid tgl 27 tp ini ko tgl 21 sy udh dpendarahn .. apa itu pendrhn implantasi / drah haid y dok..?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here