ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Melihat jenis kelamin dengan pemeriksaan USG

Submitted by on Monday, 30 August 20103 Comments

Pada ibu hamil di Indonesia salah satu pertanyaan yang paling sering disampaikan saat dilakukan pemeriksaan USG adalah “jenis kelaminnya apa  dok ?” Memang benar salah satu pemeriksaan untuk menentukan jenis kelamin. Hal ini menjadi penting apabila diketahui adanya kelainan yang berkaitan dengan jenis kelamin.

Jenis kelamin dapat dilihat dengan pemeriksaan USG paling awal apa usia kehamilan 12-14 minggu. Semakin besar janin semakin mudah memeriksa jenis kelamin janin.

Visualisasi jenis kelamin tergantung beberapa faktor seperti : posisi janin, jumlah air ketuban, ketebalan dinding perut ibu. Umumnya pada usia 22-24 minggu jenis kelamin lebih mudah ditentukan. Pemeriksaan jenis kelamin janin terkadang tidak bisa dipastikan. Maka ada dokter atau rumah sakit yang menolah memberitahukan jenis kelamin janin.

Gambaran USG

Janin laki-laki dapat ditentukan dengan tampak gambaran skrotum, testis bahkan penis.Semakin besar usia kehamilan semakin jelas dan mudah melihatnya. Penting untuk diperiksa adalah telah turunnya testis pada skrotum pada kehamilan trimester terakhir.

boy 2d

Janin perempuan tidak bisa ditentukan dari tidak adanya skrotum atau penis ! harus dicari gambaran 3 garis pada daerah genitalia (atau kadang seperti gambaran hamburger :)

girl 2 d

Dengan kemajuan teknologi USG 3D/4D melihat jenis kelamin menjadi lebih tepat. Walaupun tidak selalu mudah mendapatkan gambaran yang baik karena usia kehamilan, posisi janin, jumlah cairan ketuban dan ketebalan perut ibu.

laki 3D

perempuan 3D

Namun kepastian jenis kelamin bayi akan ditentukan ketika dokter/bidan yang menolong berkata saat persalinan Selamat ya bu “anaknya laki ” atau “anaknya perempuan ” ..

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.