Melihat jenis kelamin dengan pemeriksaan USG

6
2938

Pada ibu hamil di Indonesia salah satu pertanyaan yang paling sering disampaikan saat dilakukan pemeriksaan USG adalah “jenis kelaminnya apa  dok ?” Memang benar salah satu pemeriksaan untuk menentukan jenis kelamin. Hal ini menjadi penting apabila diketahui adanya kelainan yang berkaitan dengan jenis kelamin.

Jenis kelamin dapat dilihat dengan pemeriksaan USG paling awal apa usia kehamilan 12-14 minggu. Semakin besar janin semakin mudah memeriksa jenis kelamin janin.

Visualisasi jenis kelamin tergantung beberapa faktor seperti : posisi janin, jumlah air ketuban, ketebalan dinding perut ibu. Umumnya pada usia 22-24 minggu jenis kelamin lebih mudah ditentukan. Pemeriksaan jenis kelamin janin terkadang tidak bisa dipastikan. Maka ada dokter atau rumah sakit yang menolah memberitahukan jenis kelamin janin.

Gambaran USG

Janin laki-laki dapat ditentukan dengan tampak gambaran skrotum, testis bahkan penis.Semakin besar usia kehamilan semakin jelas dan mudah melihatnya. Penting untuk diperiksa adalah telah turunnya testis pada skrotum pada kehamilan trimester terakhir.

boy 2d

Janin perempuan tidak bisa ditentukan dari tidak adanya skrotum atau penis ! harus dicari gambaran 3 garis pada daerah genitalia (atau kadang seperti gambaran hamburger 🙂

girl 2 d

Dengan kemajuan teknologi USG 3D/4D melihat jenis kelamin menjadi lebih tepat. Walaupun tidak selalu mudah mendapatkan gambaran yang baik karena usia kehamilan, posisi janin, jumlah cairan ketuban dan ketebalan perut ibu.

laki 3D

perempuan 3D

Namun kepastian jenis kelamin bayi akan ditentukan ketika dokter/bidan yang menolong berkata saat persalinan Selamat ya bu “anaknya laki ” atau “anaknya perempuan ” ..

6 COMMENTS

  1. Usia kandungan janin saya 7bln. Dan dokter sdh info kl jenis kelamin janin perempuan. Tpsaya msh ragu krn 2 anak saya laki2. Ini anak ke 3. Apakah itu sdh akurat hasil usg dokter?]

  2. siti, kalo dilakukan dengan baik an kelihatan jelas akurat bisa 99%

  3. Dok usia kandingan saya 19week ,,,kata dok janinya perempuan tapi saya masih ragu karna poaiainya memang lagi sujud ,,, susahdi lihat ,dokternya juga masih ragu ,,kira2 bulan ke berapa bisa dipastikan terlihat dok ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here