Kehamilan Minggu ke Enam: Jantung mulai berdetak

0
688

Kehamilan anda berusia 6 minggu. (sekitar empat minggu dari pembuahan)

  • Panjang embrio telah mencapai ukuran sekitar 8 mm (1/4 inci).
  • Medula spinalis yang sekarang telah terbuka, kini mulai mendekat.
  • Sel-sel darah pertama dan pembuluh darah mulai berkembang.
  •  Darah bergerak melalui pembuluh primitif terhubung ke kantung telur.
  • Sebuah pipa berbentuk hati terbentuk dan mulai berdetak.
  • Otak mulai terbagi menjadi 5 bagian.
  • Lubang optik, yakni bentuk awal dari mata mulai berkembang.
  • Sel-sel yang diperuntukkan menjadi sel lengan dan kaki sudah berada pada tempatnya.

 

Bayi berkembang pesat selama beberapa minggu pertama kehamilan, karena itulah mengapa wanita cenderung merasa begitu lelah  pada trimester pertama. Untuk membantu bayi Anda berkembang, Anda perlu banyak istirahat dan tidur lebih awal, menghirup udara segar, olahraga teratur dan diet sehat. Tidur dengan bra yang ketat, bisa membuat nyeri payudara.

Banyak gejala-gejala yang mirip seperti pekan sebelumnya. Beberapa wanita juga mungkin mengalami sakit kepala dari peningkatan hormon. Ada juga beberapa wanita yang tidak mengalami gejala-gejala ini sama sekali. Mereka akan menjalani hari-hari awal kehamilan dengan sangat baik, tanpa muntah. Untuk beberapa wanita ini adalah hal yang normal-normal saja. Jangan panik jika Anda tidak memiliki gejala kehamilan, tetapi anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter jika anda tiba-tiba kehilangan gejala kehamilan anda.

Pada fase ini, embrio masih lebih kecil dari pada ukuran kismis. Bagian rendah pada sisi kepala adalah dua lipatan jaringan yang akan menjadi telinga. Meskipun belum berkembang secara sempurna, tetap semua organ tubuh utama dan sistem sudah mulai terbentuk. Jantung juga mulai terbentuk dan mulai untuk berdetak pada hari ke 25 setelah pembuahan (sekitar 6 minggu setelah periode menstruasi terakhir), dan denyut jantung sudah dapat dideteksi. Paling mudah mendeteksi denyut jantung dengan usg transvaginal.

Tabung neural mengalami pembesaran hingga menjadi tiga bagian yang akan segera berkembang untuk menjadi otak yang sangat kompleks. Plasenta juga mulai berfungsi, hal ini dikenal sebagai vili korionik dan tali pusar, di mana bayi akan menerima makanan dan oksigen. Tulang belakang dan sumsum tulang belakang tumbuh lebih cepat dari sisa tubuh pada tahap ini dan akan memunculkan tulang ekor. Seiring berjalannya usia kehamilan, hal ini akan semakin tidak terlihat seiring dengan tumbuh kembang janin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here