ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Kebutuhan Nutrisi dan Gizi untuk Ibu Hamil

Submitted by on Friday, 3 January 20148 Comments

Kehamilan adalah salah satu momen yang sangat membahagiakan bagi beberapa pasangan muda. Tapi, terkadang mereka lupa akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memberikan gizi seimbang untuk sang ibu dan janin. Dalam masa kehamilan, nutrisi yang diperlukan tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk janin, artinya asupan gizi harus ditingkatkan agar semua kebutuhan nutrisi ibu dan bayi terpenuhi. Mungkin kita dapat menemui beberapa kasus bahwa ada anak yang terlahir cacat atau kekurangan gizi. Salah satu penyebab hal tersebut adalah kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi sang ibu pada masa kehamilan.

Berikut beberapa sumber gizi untuk ibu hamil :

  • Kalori

Kebutuhan kalori harian wanita biasanya berkisar antara 1500 – 2000 Kkal, tetapi pada masa kehamilan, kebutuhan kalori akan naik sekitar 300 – 500 Kkal. Jadi, pada masa kehamilan anda harus menambahkan asupan kalori untuk memenuhi kebutuhan harian anda dan janin. Kalori bisa didapatkan dari nasi, umbi-umbian, lemak nabati/hewani, protein dan sayuran.

  • Asam folat

Asam folat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang janin anda. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan bisa berakibat fatal pada perkembangan janin anda, salah satu yang ditimbulkan oleh kekurangan asam folat adalah bibir sumbing. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran hijau, beras merah dan sebagainya.

  • Protein

Protein berfungsi baik untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil tentu lebih banyak (10 gram lebih banyak) dari pada wanita yang tidak dalam keadaan hamil. Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur dan daging.

  • Kalsium

Kalsium sangat penting untuk ibu hamil karena kalsium berfungsi untuk pembentukan organ-organ tubuh padat pada janin seperti tulang dan gigi. Sumber kalsium yang baik adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan.

  • Zat besi

Ibu hamil memerlukan zat besi yang lebih banyak dari kebutuhan harian biasanya. Dengan zat besi yang cukup, memungkinkan sang ibu terhindar dari anemia. Selain itu, zat besi berfungsi untuk pembentukan sel-sel darah merah pada janin. Salah satu sumber zat besi yang sangat baik adalah sayuran hijau seperti bayam.

  • Vitamin

Berbagai vitamin tentunya dibutuhkan sebagai nutrisi untuk kesehatan sang ibu. Selain diperlukan oleh sang ibu, beberapa vitamin juga diperlukan untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Sumber vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

Untuk menjaga kestabilan gizi selama masa kehamilan, anda sebaiknya mengunjungi dokter kandungan anda untuk meminta saran sumber nutrisi dan gizi selama kehamilan. Dokter akan memberikan daftar gizi yang bisa anda konsumsi selama kehamilan supaya anda dan janin dalam kandungan benar-benar sehat.

8 Comments »

  • F.ulfa said:

    aslm. dok saya hanya inggin tau saja,ketika hmail saya cukup makan dan minuman suplement(minyak ikan pro lakta for mama dan vitamin lainya) dan susu hamil (2 gelas sehari),namun ketika saya masuk minggu ke 39-40 mggg dokter usg saya dan ari ari mengalami pengapuran,dan saya sc.suami sya ikut proses opersi sc ya dan melihat ari ari saya ketika diangkat hancur dan sanggat rapuh,keadaan bayi baik namun sanggat kurus dan kriput (seakan akan suply makanan dr ari ari tdk diserap bayi saya),saya ketika hamil tisak minum suplem kalsium tablet500mg(karna sudah minum semua suplemant dan susu hamil),ketika hamil pun saya mengalami gangguan lutut,kaki kram,gigi sakit tanpa lubang.dAN sesekali saya suka mengkomsumsi cocacola atau minuman bersoda.

    pertanyaan saya
    1.bgm saya harus mengatisipasi (gejala diatas)ketika saya inggin kembali hamil anak-2?
    2. berp taun jarak paling aman buat saya hamil lagi setalh sc(anak usia sudah 3 th)?

  • Eliya Juriati said:

    Selamat sore dok, nama saya eliya. Tinggal di samarinda – kaltim. Dok saya berusia 24 th dan br menikah pd bln juli 2014, hbs menikah sy langsung hamil, namun pd usia kandungan 11 minggu janin sy di vonis tidak berkembang selama 2 minggu terakhir (perkembangannya hanya 9w 1d) dan sy harus di kuret utk membersihkan rahim kmbali, wkt saya kuret pun harus menjalani 3 kali kuret kt dokter yg menangani sy hal it di karenakan placentanya lengket banget dan saluran menuju ra saya keciiiil dan berbelok belok. Jd sy disarankan utk 3 bulan tdk hamil (istirahat). Sekedar tambahan bb sy 46 kg dan tb sy 159 cm dan slama hamil tensi sy slalu rendah yaitu antara 80/60 _ 90/60. Suami sy usianya 28 th dan sy ibu rumah tangga biasa. Yg sy mau tanya dok mengapa janin itu bisa tidak berkembang (mati) sedangkan sy tidak ada keluhan apa2, tidak ada flek darah atau kuning, ataupun jatuh… serta apa yg harus saya lakukan utn mempersiapkan kehamilan lagi termasuk vaksin apa sj yg bisa sy lakukan dok? Mohon bantuannya krn sy ingiiiiin sekali menimang anak dok. Trima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Sebaiknya cek darah utk TORCH,ACA,darah lengkap cari sebabnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Saat hamil cek usg rutin, jika pertumbuhan janin kurang ibunya diberi obat. Jarak 2-3tahun

  • Nina said:

    dok, sya hmil 24w skrg, sya ad kptihn, stlh d cek tryta gr. neg. btg..
    apakah ad pengaruh nya pada janin sya dok ? bgmna cra nya supaya kptihan sya it bs hilang..
    ma ksh..

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nina, keputihan diobati sesuai klinis ke dokternya lagi aja

  • ika istiani said:

    Dok jika ibu hamil mengkonsumsi ikan lele baik untuk janin atau tidak ?
    Trims

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ika, baik

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.