ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Bolehkah menyusui saat hamil ?

Submitted by on Sunday, 22 December 2013No Comment

Ada beberapa orang tua yang memilih untuk mempunyai anak lagi, tidak lama setelah kelahiran anak pertama mereka. Hal ini sebenarnya tidak jadi masalah, tetapi beberapa dokter menyarankan supaya para orang tua memberikan tenggang waktu supaya jarak antar kehamilan tidak terlalu berdekatan. Selain hal tersebut berbahaya untuk ibu, kehamilan yang terlalu berdekatan akan menghambat tumbuh kembang bayi Anda karena perawatan yang mungkin sedikit terbengkalai. Pertanyaan tentang keamanan menyusui ketika sedang hamil sering dilontarkan oleh para ibu yang telah hamil tidak lama setelah melahirkan. Tubuh ibu yang menyusui harus mempunyai ketahanan dan tentu saja nutrisi yang cukup untuk kebutuhan dia dan bayi. Jika ibu menyesui tersebut sedang hamil lagi, dia juga harus membagi nutrisinya dengan janin yang dikandungnya.

Menurut saya  pada dasarnya ibu masih aman menyusui ketika ia sedang hamil. Namun ada risiko yang mungkin terjadi seperti terjadinya kontraksi rahim. Selain itu ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan oleh ibu adalah asupan nutrisi yang ia konsumsi setiap hari, dan kecukupan air. Air adalah komponen terpenting bagi ibu yang sedang menyusui. Jika ibu menyusui kekurangan air, maka akan terjadi dehidrasi yang menyebabkan gangguan pada tubuh dan janin Anda.

Jika Anda memang memutuskan untuk menyusui bayi saat Anda hamil dengan bayi yang selanjutnya. Anda harus memperhatikan asupan nutrisi dan tentunya air. Selain itu, konsultasikan segala sesuatunya dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan solusi terbaik. Jumlah air susu Anda mungkin akan mengalami penurunan seiring usia kehamilan Anda yang makin membesar. Mau tidak mau anak Anda harus berhenti menyusu karena memang sudah tidak ada ASI yang keluar.

Multivitamin dan suplemen makanan sangat dianjurkan bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tiga orang (ibu, bayi dan janin), sehingga Anda tetap sehat dan bisa beraktifitas seperti biasanya.

Menyusui ketika Anda hamil, bukan tidak ada tantangannya. Kenyamanan Anda juga mungkin akan sangat terganggu. Seperti yang semua ibu hamil alami, ketika masa kehamilan, sang ibu merasakan lelah dan puting susu terasa nyeri. Ini akan menjadi sedikit kendala bagi Anda yang memang memutuskan untuk memberikan air susu kepada bayi Anda meskipun Anda sedang hamil anak berikutnya.

Ketika Anda merasakan merasakan ada kendala-kendala fisik yang berkaitan dengan kandungan, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter kandungan Anda. Biarkan dokter Anda yang memutuskan apakah Anda boleh melanjutkan menyusui bayi Anda atau berhenti. Dokter akan memberikan suplemen dan vitamin-vitamin yang bisa menjadi salah satu sumber nutrisi Anda yang cukup untuk 3 orang (ibu, bayi dan janin).

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.