ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kehamilan

Amankah bepergian dengan pesawat terbang selama kehamilan?

Submitted by on Sunday, 22 December 20133 Comments

Bagi sebagian wanita, kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu dan tidak tepat jika dikatakan bahwa kehamilan mengganggu aktifitas mereka. Banyak wanita justru menunjukan aktifitas yang hiperaktif ketika sedang hamil, kendati sudah diperingatkan oleh dokter. Ada beberapa pertanyaan dari wanita yang memang sangat menyukai traveling, tentang keamanan naik pesawat saat masa kehamilan.

Pada dasarnya bepergian menggunakan pesawat terbang aman selama Anda dalam keadaan sehat dan fit. Tetapi, sebelum terbang, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Jika perlu, Anda akan diberikan vitamin dan suplemen yang memang diperlukan untuk daya tahan tubuh.

Jika keadaan Anda memang beresiko, dokter akan melarang untuk bepergian menggunakan pesawat terbang. Resiko yang biasanya terjadi adalah terjadinya keguguran dan kelahiran prematur. Dokter juga akan melarang untuk melakukan penerbangan jika usia kehamilan Anda sudah di atas 36 minggu, walaupun kesehatan Anda dalam keadaan baik. Paling aman untuk bepergian pada pertengahan masa kehamilan Anda, yakni minggu ke 14 – 28. Pada masa ini adalah masa paling aman dari risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Berikut beberapa tips bepergian dengan pesawat terbang saat hamil :

  • Sebagian maskapai tidak mengizinkan wanita hamil dengan usia kehamilan tertentu (umumnya 35 minggu, namun di Indonesia seringkali 32 minggu sudah dilarang untuk terbang) Jadi, pastikan Anda membaca peraturan yang ada di maskapai tersebut.
  • Pilihlah tempat duduk yang aman, nyaman, leluasa dan mudah akses ke toilet.
  • Kencangkan sabuk di bawah perut Anda selama di perjalanan. Hal itu untuk menekan getaran yang mungkin sedikit mengganggu kandungan Anda.
  • Jika memang suasananya memungkinkan, Anda bisa sedikit bergerak berjalan melewati lorong penumpang. Ini dimaksudkan supaya otot-otot Anda tidak kaku, apalagi jika perjalanan mempunyai durasi yang cukup lama. Jika hal itu tidak memungkinkan, lenturkanlan kaki Anda sesering mungkin untuk menghindari ketegangan otot-otot kaki yang menjalar hingga bagian atas.
  • Minum air lebih banyak karena kelembaban di kabin pesawat bisa dikatakan rendah, hal tersebut memungkinkan Anda terkena dehindrasi.
  • Perubahan tekanan udara tidak jarang terjadi pada penerbangan, hal ini memungkinkan Anda kekurangan kandungan oksigen dalam darah Anda. Tetapi, hal ini tidak menjadi masalah jika Anda dalam keadaan sehat dan fit.
  • Hati-hati akan paparan radiasi penerbangan. Hindari penerbangan jauh (long range) yang sering dilakukan. Jika Anda benar-benar harus melakukan penerbangan berkali-kali pada masa kehamilan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

3 Comments »

  • vivi said:

    dok kalo hamil 6w aman gak bawak motor sendiri? tolong jawaban nya mksh dok.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    vivi
    boleh aja tapi hati-hati

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    venda
    semoga bermanfaat

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.