ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Tips singkat agar hamil

Submitted by on Saturday, 11 February 20122 Comments

Agar anda bisa hamil, masing-masing dari faktor-faktor ini adalah mutlak:

  • Adanya ovulasi. Agar mendapatkan kehamilan maka diperlukan bahwa anda memiliki siklus menstruasi yang teratur yaitu selama telur dikeluarkan, proses dikenal sebagai ovulasi. Ada bebeberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui adanya ovulasi secara mandiri: (1) Ukur suhu basal tubuh (2) cek kekentalan lendir serviks (3) gunakan tes ovulasi yang bisa berasal dari urin ataupun air liur. Untuk mem[elajari lebih lanjut silahkan dibaca buku tentang Panduan Ingin hamil cara menentukan masa subur karangan Dr. Prima Progestian, SpOG (klik disini)
  • Kandungan yang normal. Organ kandungan (rahim dan saluran telur) yang normal mutlak dalam proses terjadinya kehamilan. Pemeriksaan bisa dilakukan oleh dokter kandungan dengan melakukan USG transvaginal untuk melihat anatomi kandungan. Untuk melihat saluran telur dan rongga rahim bisa dilakuan pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) pada bagian radiologi di rumah sakit. Pemeriksaan ini wajib dilakukan apabila sudah 1 tahun belum hamil juga.
  • Sperma yang berkualitas. Untuk sebagian besar pasangan, ini bukanlah masalah kecuali jika pasangan anda memiliki riwayat penyakit atau pembedahan. Sering sekali muncul istilah sperma encer. Kualitas sperma tidak berkaitan langsung dengan tampilan fisik. Pemeriksaan sperma analisis lah yang menentukan kualitas sperma. Lakukan pemeriksaan di laboratorium terpercaya dengans ebelumnya mengadakan absitinens/tidak berhubungan selama 3-4 hari. Parameter yang penting dinilai adalah (1) jumlah sperma normalnya >20 juta/mL (2) gerakan sperma normalnya >50% bergerak (3) bentuk sperma normal >30%. Namun ada juga kriteria terbaru dari WHO yang lebih meringankan namun menggunakan kriteria di atas bisa memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan.
  • Hubungan intim  secara teratur. Anda perlu memiliki hubungan seksual secara teratur selama masa subur. Pada masa subur hubungan dapat dilakukan beberapa kali agar serviks terendam oleh sperma. Jangan khawatir jika sperma ada yang keluar dari vagina. Tidak pernah terjadi “penyerapan”seluruh sperma yang masuk. Jadi tingkatkan frekuensi berhubungan intim saat masa subur. Jika Anda tidak tahu secara pasti masa subur maka lakukan hubungan intim yang rutin sebanyak 3-4 kali per minggunya.

 

 

2 Comments »

  • harianti said:

    Siang dokter prima..,

    Assallamuallaikum wrwb

    Perkenalkan saya antie, umur 31th. Suami umur 35. Sudah menikah hampir 5th (nanti bulan nov). Tapi belum di karuniai momongan. Siklus mens sy setiap 26-35 hari. Karena sy bekerja kalau stress dan cape jadi maju mundur. Tapi cenderung normal dan lancar setiap bulan pasti dapet. Dan keluar mens nya jg banyak sampai 3hari selebihnya hanya flek sampai 7hari. Kadang sakit kadang tidak.
    sy pernah cek rahim dgn usg dan cek darah pada masa pranikah dan alhamdulillah hasilnya semua normal. Untuk suami memang belum cek sperma. KamI ber 2 sama2 dari keluarga yg memiliki banyak keturunan. Sy 6 bersaudara dan suami jg 6 bersaudara. Yg mau sy tanyakan:
    1. apakah kita tergolong subur krn melihat dari silsilah keluarga, hanya memang belum saat nya di kasih rejeki atau bisa sj salah satu dari kita memang tdk bagus dok?
    2. Lalu tahapan apa sj untuk kita ber2 jika mau ikut promil. Boleh tau perkiraan biayanya jika kita dateng ke RSIA Muhammadiyah taman puring.
    3. Dan kapan saat yg tepat untuk periksa, maksud sy apakah setelah mens atau malah pada saat mens? Supaya bs langsung di lakukan pemeriksaan yg tepat tanpa harus menunggu saat nya yg mengharuskan kita jd balik dateng lagi.

    Maaf ya dokter prima, kalau pertanyaannya banyak (^_^)

    Wassalllamu’alaikum wrwb

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    harianti, datang sudah abwa hasil pemeriksaan lengkap. cek HSG dan sperma juga.
    silsilah keluarga ga gitu ngaruh secara mutlak. tergantung individunya.
    datang saat mens ke 2

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.