ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Rahim turun, berbahayakah ?

Submitted by on Saturday, 26 November 201169 Comments

Para wanita sering mengeluhkan rasa penuh di perut bawah, lalu pergi ke tukang urut. Hampir selalu di”diagnosa” sebagai kandungan turun dan diatasi dengan pengurutan untuk “menaikkan” rahim, benarkah hal ini ?

Dalam terminologi medis, rahim yang turun disebut sebagai Prolapsus uteri adalah kondisi dimana rahim pengalami penurunan dari letak normalnya di rongga panggul. Rahim turun mencapai rongga vagina bahkan hingga keluar tubuh.

Penyebab turunnya rahim:

  1. Wanita yang melahirkan banyak anak dengan persalinan normal/spontan
  2. Melahirkan spontan bayi yg berukuran besar (> kg) satu atau lebih3. Adaya peningkatan tekanan dalam rongga perut yg kronik misal angkat berat, batuk lama, sering mengedan)
  3. Riwayat persalinan dengan bantuan alat seperti forceps atau vakum sehingga menimbulkan robekan pada jalan lahir
  4. Kelemahan kelompok otot dan ligamen pd dasar panggul misal faktor usia tua dimana juga terjadi penurunan kadar hormon estrogen.
  5. Tumor pada kandungan
  6. Genetik

Keluhan

  1. Rasa penuh di perut bwh/panggul
  2. Rasa ada yg turun dari dalam perut
  3. Seperti menduduki bola kecil
  4. Gangguan BAK (urin tak tertahan/sulit keluar)
  5. Gangguan (buang air besar)  BAB
  6. Gangguan seksual vagina terasa kendor
  7. Nyeri pinggang bawah
  8. Terasa/teraba ada daging yg keluar dari vagina

Pemeriksaan:

  1. Periksa panggul/periksa dalam:teraba rahim yang turun ke vagina.semakin turun semakin berat grading-nya
  2. Jika perlu dilakukan usg atau MRI

Pengobatan:

  • Perubahan gaya hidup:hindari angkat berat dll
  • Lakukan latihan Kegel
  • Obati penyakit yg ada: batuk lama, tumor kandungan
  • Pasang pesarium vagina
  • Operasi: (a) pengangkatan rahim (b) suspensi rahim (c) pemasangan mesh (d) Vaginoplasti

Rahim yang jika sudah berada di luar vagina (prolaps derajat 3) maka sebaiknya segera periksa dokter karena rahim yang keluar dapat menimbulkan masalah seperti lecet/luka. perdarahan,  dan bahkan dapat kearah keganasan,

69 Comments »

  • wanie said:

    salam..ibu sy telah mengalami Rahim ataupun batu mereyan jatuh..mmg doc suggest utk operate..tp kami belum decide lagi la..ada ubat herba atau tradisional x?

  • Dian said:

    Dokter, saya mau bertanya. Saya habis keguguran usia 11w dan dikuret pada akhir Maret kemaren.. Kalo setelah dikuret haid jadi teratur setiap bulan apakah itu tanda bahwa rahim sudah bersih?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    dian, mens rutin tanda rahim sudah oke

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    wanie,
    sebaiknya diperiksa psati, ada sih alat yang namanya pesarium untuk menahan rahim yang turun tidak harus dioperasi

  • Meta said:

    Dok, kalau gejala turun rahim dirasakan oleh wanita yang belum pernah melahirkan itu bagaimana ya cara penanganannya ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    meta, harusnya dicek apa memang benar rahim turun.sangat jarang kejadiannya pada yang belum melahirkan

  • Siska said:

    Dok, sy bulan februari mngalami IUFD anak pertama.. UK 26w trus di diagnosa plasenta tua, Lintang, janin dirasa hanya dibawah pusar dgn BAK bisa 10x/hari . Kemudian 3bln kemudian sy kembali hamil tapi saat UK 9w sy keguguran. Katanya dokter plasentanya seperti sdh 4bulanan. Kenapa bisa placenta tua berturut2 dok? Sy harus bagaimana? Mohon solusinya dok. Trims.

  • Tata said:

    dok , saya wanita berusia 21 tahun. sekarang sedang hamil anak pertama 30 minggu.
    sejak tanggal 3 tadi dok saya merasa ada daging yg keluar dari miss.V. tapi pada saat kehamilan sy berusia 20 minggu saya melakukan USG dan kata dokter rahim saya dalam keadaan sangat sehat.
    Bisa di jelaskan dok , daging yg keluar itu apa ???

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Tata, saya ga tau tanpa melihat periksa langsung

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    siska sepertinya harus cek darah TORCH dan ACA

  • Tata said:

    maaf dok , tapi kemungkinan yg paling mendekati itu kira2 apa ya ?

  • Siska said:

    Makasih sarannya dok.Tes ACA itu apa ya dok? apa virus juga? kalo iya penularannya dari apa? Trims dok.

  • Paulina Meta said:

    dokter, ketika pipis sy membersihkan miss. v sy dg telunjuk n sy seperti menemukan daging bulat sedalam telunjuk sy di miss. v. itu apa ya ? mohon jawabannyA

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    paulina, sebaiknya periksa dokter mana bisa tahu kalo ga lihat langsung

  • Sena said:

    Dok, apa mungkin ga terjadi penurunan rahim padahal seorang wanita tersebut belum menikah/ masih perawan ??

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sena, rahim bisa turun pada perawan biasanya karena genetik,ada tumor, ngedan terus menerus dll

  • FaFha said:

    Dok, klo cwe yg kena kandungan turun itu apa msh bisa hamil?? tlg dijawab.. mksh dok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    fafha, masih bisa hamil

  • aya said:

    dok, bagaimana penanganan atau tindakan yang dilakukan untuk mendeteksi prolaps uteri untuk wanita yang masih virgin.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    aya, kalo ada prolaps paarah bs kelihatan serviksnya nongol di mulut rahim. ada juga yg sampe segitunya

  • Nanda said:

    Dok, bagainama penanganan pada rahim yang sudah turun ke mulut vagina
    agar dapat kembali pada tempatnya? terimakasih

  • Lia Melani said:

    Dok, ktika saya mau BAB stiap kali mengedan pasti ja trasa sperti da benjolan/daging yg kluar dri missV sya tpi tdk trsa sakit mkanya stiapx BAB sya ga berani jongkok bebas tkut kluar tpi tu trjdi stlh sya melahirkan
    n stelah BAB sya trik npas pnjang tpi benjolan tu msuk lgi n sya jg dah usg kta dokter rahim normal sbnrnya ygkluar tu pa soalnya sya tdk mrsa sakit n klo kpegang jg ga sakit jdinya sya was2.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nanda, dilakukan operasi untuk mengangkat rahim atau dilakuka pengangkatan rahim sekalian.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    lia, saya harus periksa langsung

  • Eno nurhasanah said:

    Dok kenapa setelah saya melahirkan anak kedua dengan oprasi Caesar, kalo berhubungan intim, keluar angin seperti kentut,apakah ada kelainan dg rahim says, makasi

  • mike said:

    Dokter. Ibu saya ada tonjolan yang keluar dari vaginanya. Udah lama. Pernah konsulbdengan bidan. Katanya dipasangin cincin. Tapi kalau punya suami bisa menimbulkan efek samping semisal infeksi.. Umur ibu saya udah 56 bagusnya seperti apa penanganannya dokter?? Terimakasih

  • arie said:

    dok,utk tindak lanjut penyembuhan turun rahim pd perempuan yg sdh lanjut usia itu lbh baik dg operasi/pemasangan ring? mhn petunjuknya mana yg lbh baik mnrt dokter.. thx before

  • Mala said:

    Dok saya mau tanya,saya mengalami Rahim Turun Semenjak Saya Masih Perawan/Belum Menikah,Dan Sampai sekarang setelah meniikah saya masih mengalami nya,saya sering Bawa Beban Yang Berat
    Dan Rasa Sakit nya Ini Sangat Mengganggu,saya minta tolong saran yg terbai supaya bisa teratasi dok Trimakasih :)

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mala, harus diperiksa dulu masalahnya apa benar rahimnya turun. cek dokter

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    arie, kalo masih berhubungan lakukan operasi aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mike, operasi lebih baik. cincin juga bisa kalo tidak pernah hubungan intim lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    eno, coba cek dokter

  • esti said:

    Dok beberapa hari ini saya naik motorsetiap saya mau buang air kecil trasa sakit sperti ada yg mngganjal di saluranurin.sya takut pranakan turun tp saya dah cek di dokter kandungan dan di usg ktanya bukan.klo sy bca internet gjalanya sprti prnakan turun.lalu apa yg mngganjal itu dok? Tlong sarannya dok trimakasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    esti kalo udh ke dokter kandungan dibilang bukan ya bukan turun dong.. kalo saya mana tau karena ga periksa.. datang ya ke praktek utk dpat jawaban pasti

  • yenny said:

    Slmt sore dok, ibu saya kalau buang air kecil sering sakit< BAB agak berlendeir dan mengadung darah, dokter mengatakan ada benjolan di bagian pantat, menurut dokter ini sakit apa yah, umur ibu saya 70thn.

    makasih dok,

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yenny, saya harus lihat

  • widia said:

    Dok. Apakah bahaya berhubungan bdan sebelum 40 masa nifas. Apkah rhim bsa turun juga

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    widia, secara medis kalo udah ga ada darah nifas ga masalah. rahim ga turun kalo memang tdk turun secara fisik sebelumnya

  • lucia said:

    selamat siang dokter, saya mau tanya apakah operasi tutup vagina bisa dilakukan bagi seseorang dengan usia 75 tahun yang mengalami turun rahim? Berapa lama masa pemulihan pasca operasi?Tks

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    lucia, bisa aja sembuh selama 3 bulan

  • inna said:

    Dok..umur sy 24 thn,,blm menikah, dan blm prnh melakukan hubungan seks, tp sy heran sdh 2 bln sy mengalami sakit d pada vagina dan perut 3 hari sblm dan sesudah haid.. Tetapi heran nya setelah haid rasa sakit itu tak kunjung berhenti..dan vagina sy terasa sakit ,dan sprti ada keputihan tetapi stlh buang air kecil, keputihan itu tdk ada , terasa lembab vagina sy dok.. Sy sdh ke dokter .tp obatnya hanya mengatasi pada perut sedangkan vagina sy msh sakit

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    inna periksa dokter ya harus dilihat

  • Kayla said:

    Malam dok,
    Sy mau tanya dok, kemarin vagina sy keluar flek darah sedikit, sy pikir mau haid,, keesokan harinya sy seperti biasa melakukan aktifitas dirmah layaknya ibu rmah tangga, siang harinya sy merasa di vagina keluar darah kental layaknya org haid dgn darah yg kental, tp setelah sore hari sy mau mandi sy mau bersihkan vagina sy pegang keluar daging, sy tdk berani utk tarik dok, sy liat dgn menggunakan kaca ada semacam daging wrna coklat dan mengeluarkan darah sedikit pekat, dy tdk merasa sakit apapun saat ini, itu apa ya dok ?

    Terima kasih dan sy tunggu jawabannya.
    Wassalam

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    kayla, saya harus periksa langsung, datang ke praktek ya

  • aryn said:

    Dok, saya mau tanya, dimulut vagina bawah ada semacam daging tumbuh robek, bentuknya memanjang gitu, apakah itu bekas jahitan yg jd daging dok? Bisakah di operasi?? aku

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    aryn, sy harus periksa lgs. atau coba cek dokternya

  • anis said:

    Salam dok..saya mau bertanya,di m V saya keluar seperti daging tp tidak sakit atatau pun nyeri..udah keluar dr lubang m V udah di bw kedokter katax ga papa..udh 2 dokter yg d datangin mlah yg 1 bilang itu sekat…. tp saya khawatir dok..dan keluhan di atas ada semua di saya dok..bagaimana ya dok..???

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    anis, coba datang ke praktek saya ya.mana tau saya pastinya apa kalo ga periksa

  • deni said:

    Siang dok maaf saya mau tanya,istri saya hamil 12 minggu,nah diusia kandungan 10 minggu keluar smacam daging merah menonjol sebesar ujung jari tp td memanjang.dan kadang masuk sendiri kadang keluar dr vagina.kmaren usg tp ga knapa2 kata dokternya,bayinya sehat and vagina juga udah dipriksa tp ga knapa2.nah skarang keluar lg .apa ini dok? Kasusnya kaya bu anis coment diatas.ini hamil pertama istri saya

  • padi said:

    Dok, sy ibu rumah tangga, 48 thn, uteri sy sudah sebagian besar diluar, berarti harus operasi ya dok, tapi sy belum ada biaya dok … sy pinginnya vaginal histerektomi dengan laparoskopi, kalau msh lama ops-nya ditunda, gak apa-apa ya dok (nabung dulu) ? sy masih beraktifitas seperti biasa (kecuali berhubungan), pasca operasinya gimana dok (utk ops yg sy maksud) ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    padi, vaginal hiterektomi ya bukan laparoskopi beda. pasca operasi ga masalah

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    deni, saya ga tau karena ga lihat.

  • padi said:

    Maaf Dok, saya akui, saya belum paham benar mengenai ops, kalau boleh mohon email address Dokter, agar saya lebih paham. Trims sebelumnya.

  • Reyti said:

    Dok,apakah turunnya perut menyebabkan untuk tidak bisa hamil ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    reyti, ngga

  • aulya said:

    dok , saya pernah urut dan si tukang urut tsb mengatakan bahwa rahim saya bergeser ke kanan, padahal saya masih perawan dan belum pernah melakukan hubungan sex,
    apakah itu benar ??
    pinggul saya sering sakit dan batuk yang sudah sebulan lebih tapi tak kunjung sembuh,
    bagaimana cara saya mengatasinya ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    aulya jangan pecaya tukang urut. cek dokter aja

  • Dewi R said:

    Dok saya mau tanya saya permpuan umur 20 tahun say gemas skali olahraga truma volly.. akhir akhir ini perut bwah sya sakit di atas simpisis bgian knan sdikit… klw jalan atau bab dan buang air kecil tidak skit… tersa sakit jika lompat , batuk, bersin dan tertawa.. apa itu bisa di diagnosa kndungan turun dok? Mkasihh

  • irma said:

    Dok q mrsakn sakit prut yg memngganggu slma 2minggu…smw bdan pda sakit,mrsa lmas..stlh sya urut ktanya tempat pernakan saya trun….tetapi sdh di urt rsa’a msh sakit aj perut’a pinggul kdang pegal…kira2 knp dok?

  • Mia said:

    Dok 3th lalu ak smpt kuret… khmilan bru 3minggu
    Abia kuret mens sy gk lancar tp gak prnh telat… trus kalo pas naik motor tuh kok rahim saya sakit kalo lewati jalan rusak? Itu tanda apa ya? Apakah saya bisa hamil lagi?

  • manda said:

    Dok sya telah mengalami keguguran usia 11w setelah beberapa hari keguguran saya buang air kecil dan merasakan sesuatu benjolan di mis v sya.. sya masukkan jari saya dan kerasa benjolan namun kerasa sedikit benjolannya, dan kemudian benjolannya terdorong ke atas, awalnya sya mengira rahim turun apakah kalau didorong/kedorong ke atas dapat kembali seperti semula letak rahimnya dok..?? Tapi masih bisa hamil lagi kan dok..?? Terimakasih atas jawabannya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    manda, sebaiknya dicek dokter dipastikan masalah atau tidak

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mia, coba cek dokter harus diperiksa tuh

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    irma, ga tau tanpa periksa

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    dewi ga bs didiagnosis tanpa periksa fisik

  • marsha said:

    Dok saya habis melahirkan baru 2 blan .waktu bayi saya lahir placenta nya di lepas bidan nya bilang rahim saya turun dan di masukan sesuatu ke dalam dan esok pagi nya di lepas .namun stelah beberapa minggu ada yg nonjol di dalam mis v saya.apa kah itu rahim turun ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    marsha, sebaiknya ke dokter aja ya

  • uleng said:

    Dok z sudah cek ke dokter n telah d USG n positiv kandungan z turun. Tpi z belum prnah melahirkan.. apa z masih pux kesemptan tuk hamil? Usia pernikahan z 1 thn.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    uleng, cek masalah lainnya suami+istri untuk kemungkinan hamil

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.