Persiapan dan cara pengambilan sperma pada pemeriksaan analisis sperma

48
6513

Pemeriksaan yang pertama kali dilakukan untuk menilai adanya masalah pada kesuburan pria  adalah dengan melakukan analisis sperma.

Pemeriksaan sperma dilakukan melalui bahan sperma yang dikeluarkan melalui jalan masturbasi ataupun melalui sanggama terputus. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan segera (paling lambat 1 jam setelah sperma dikeluarkan).

Syarat pemeriksaan sperma analisis:

  1. Keadaan pria hari pemeriksaan hendaknya cukup sehat, tidak dalam keadaan lelah, lapar dan cukup beristirahat sebelumnya.
  2. Sperma dikeluarkan setelah didahului oleh abstinensia seksual (tidak ejakulasi dengan cara apapun) selama 3 – 4 hari (rekomendasi WHO abstinensia 2 sampai 7 hari).
  3. Sperma dikeluarkan secara mastrurbasi di Laboratorium, dan harus di tampung secara utuh.

Pada kondisi dimana pria tidak dapat mengeluarkan sperma di laboratorium, maka boleh yang bersangkutan dapat mengeluarkan di tempat lain, misalnya di rumah/hotel dekat dengan laboratorium dengan memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Masturbasi tidak diperkenankan memakai bahan pelicin seperti sabun, minyak dan lain-lainnya.
  2. Wadah penampung harus terbuat dari gelas yang sudah dicuci bersih dan dibilas berulang-ulang untuk menghilangkan sisa sabun/ditergen yang di pakai. Botol sebaiknya bermulut lebar, mempunyai volume 20-50 ml. Sebaiknya wadah dalam keadaan steril dan sudah dipersiapkan oleh laboratorium pemeriksa.
  3. Tidak diperkenankan menampung sperma kedalam kondom.
  4. Gelas penampung ditutup cukup dengan penutup atau dengan kertas
  5. Sperma yang sudah tertampung segera diserahkan kepada petugas laboratorium dalam waktu setengah sampai satu jam.
  6. Dalam perjalanan menuju laboratorium suhu sperma dipertahankan sekitar 25-35oC, misalnya dalam kantong pakaian yang dikenakan.

Pemeriksaan dengan melakukan senggama terputus boleh dilakukan asalkan dengan memperhatikan persyaratan/persiapan yang tersebut di atas.

48 COMMENTS

  1. El, kalo ada petugas yang mau bantu utk masturbasi silakan aja tapi kayanya sih ga ada yang mau hehe

  2. Dok…kan puasa ML 3-4hr nih..misal kami udh senggama dl waktu puasa ML itu tp sperma blm kluar bisa gak tetep melakukan cek sperma di lab?? Apa berpengaruh nnati dgn hasil lab nya krn kami udh ML dl wlopun belum kluar sperma

  3. Dimankah laboratorium yang bisa membantu mengeluarkan sperma?misalnya oleh perawatnya atau tenaga ahli yang diperbantukan di lab

  4. ree boleh aja, walau jika dilakukan pemeriksaan sperma setelah sehari berhubngan hasilnya akan bagus kok selama memang dasarnya sperma berkualitas baik

  5. asa, sepertinya istri akan bisa membantu. perawat sih sepertinya ga ada yang mau bantuin masturbasi hehe

  6. dok,kira2 klu cek sperma itu semua rmh
    sakit bisa gak ya. trus kitanya harus bilang
    cek apa klu kerumah sakit.saya mau cek tp
    malu bertanya di rmh sakit. dan kira2
    biayanya berapa?
    mohon bantuannya

  7. Andi, tidak semua rumah sakit bs memeriksa sperma analisis. coba ditanyakan dulu ke bagian laboratriumnya. surat pengantar sebaiknya bertemu dokter kandungan ibu atau dokter andrologi. biaya bisa ditanyakan langsung ke RS, kalo mau ke RS Muh Taman Puring tel ke 021 7208358

  8. dok, apakah pemuda yg belum menikah boleh melakukan pemeriksaan sperma ? dan apakah onani setiap hari dapat merusak sperma dan apa ada dampaknya pada kehidupan seksual nanti dok ? terimakasih

  9. timon, pengeluaran dilakukan secara oral masih menungkinkan walao bs bemasalah jika ada bakteri/penyakit pada mulut.

  10. Rencana senin besok 10.5.2015 bsk sya mau cek nih dok,Tapi barusan sperma keluar,apakah nanti berpengaruh pda hasil nya dok..trims

  11. wanto cek sperma harus “puasa” berhubungan 3-4 hari sebalum pemeriksaan

  12. dok,,saya penderita paraplegi,,apa bisa di kluarin spermanya lewat operasi,,saya di solo apa sdah ada di solo terimakasih dok

  13. dok apakah batas maksimal abstinensia 7 hari saja? jika misalkan melebihi apakah ada pengaruhnya terhadap hasil?

  14. Dok mau tanya kalo tes analisa sperma apa semua sperma yg keluar harus ditampung? atau cuma sampel sedikit aja? trims dok

  15. dok sekali ejakulasi itu harus butuh berapa mililiter sih …??? Air mani yang daya keluarkan sekali ejakulasi ko sedikit yaw cuma sekitar 3 ml …. Ap itu normal ..

  16. Tanya dok, sampel saya baru diperiksa oleh tim labor 3 jam setelah dikeluarkan. Apakah akan mempengaruhi hasil pemeriksaannya? Terima kasih.

  17. Dok,besok suami akan cek sperma tapi suami sudah puasa dari rabu artinya hari ini sudah hari ke 5 puasa.apakah jadi masalah dok jika terlalu lama puasa?

  18. Dok..melanjutkan pertanyaan ree..kalau melakukan huhungan sebelum pemeriksaan tp belum sempat keluar masih dihitung puasa kah?

    Dan kalau 2 jam sbelum pmeriksaan saya minum obat ksuburan sperma dr dokter apakah ada efek juga?

    Thanks

  19. Dok sya lg promil nh, sya bru usg bln lalu dan dsrnkan dokter utk HSG ktika mens dtang, dan bln ini sya mens tgl 11, nah wktu yg tepat utk HSG kpn dok? Trus utk suami sya cek sperma wktu yg tepat kpn dok ? Apa hrus dwktu sya mens aja dok ?

  20. reni hasg saat mens ke 9-11. cek sperma setelah puasa berhubungan 3-4 hari ini ikuti jadwal lab nya

  21. Dok, mau tanya, hari ini saya tes sperma di parahita saat masturbasi tanpa menggunakan pelicin atau apapun, saat sperma keluar ketampung pada gelas yg tersediakan tapi yg saya rasa sperma tidak keluar semua karena terlanjur kerasa sakit, dan sperma yg ketampungnya jadi sedikit itu ga apa apa dok? Ga berpengaruh ke hasil?

  22. Dok, saya sudah selesai analisis sperma. Hasilnya sangat baik 0, baik 5, kurang baik 20, tidak baik 75. Ketika saya analisis sperma, saya dalam keadaan sakit flu dan batuk 7 hari. Kata petugas labnya flu saya tidak apa2. Pertanyaannya, apakah kondisi saya sakit itu mempengaruhi kualitas sperma dok?

  23. Faisal
    Sperma dikeluarkan dan dipersiapkan untuk proses ivf. Bisa secara spontan atau icsi

  24. Yusril, praktek di rs Muh Taman Puring dan RS Brawijaya jakarta.. Bisa tanya langsung ke rs

  25. Dok,istri saya datang bulannya selalu lebih cepat satu mnggu terhitung dari dia awal menatruasi. Apakah normal? Tks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here