Obat yang digunakan sebagai induksi ovulasi (penyubur indung telur)

50
3095

Dalam proses pengobatan gangguan kesuburan (infertilitas) ada beberapa obat yang digunakan untuk merangsang pembentukan sel telur (ovulasi) sehingga kapan masa subur dapat diprediksi. Proses ini dinamakan induksi ovulasi

Clomiphene citrate Obat ini digunakan untuk merangsang perkembangan sel telur di indung telur. Obat diminum secara oral mulai hari haid ke 2-4. Obat Ini merupakan golongan antiestrogen yang menyebabkan kelenjar hipofisis melepaskan lebih banyak FSH dan LH yang merangsang pertumbuhan folikel pada indung telur. Klomifen sitrat juga meningkatkan fertilitas dalam wanita yang berovulasi normal, dan sering digunakan sebagai pengobatan awal untuk infertilitas yang tidak dijelaskan. Klomifen sitrt merupakan pilihan pertama dalam proses induksi ovulasi

Gonadotropin. Obat ini biasanya digunakan untuk kasus yang gagal diobati dengan klomifen sitrat atau terapi kombinasi saat menjalani proses inseminasi intrauterin (IUI) ataupun bayi tabung. Gonadotropin secara langsung merangsang kelenjar hipofisis melepaskan lebih banyak FSH dan LH. Jenisnya ada yang merupakan rekombinan FSH (murni) atau yang mengandung kombinasi FSH dan LH (hMG). Sebagai penguat klomifen sitrat umumnya dilakukan penyuntikan pada hari mens ke 6-11.

Gonadotropin korionik, atau HCG. Obat ini biasannya digunakan bukan sebagai “pembesar “ sel telur namun sebagai “pemecah” sel telur  agar berovulasi pada saat sel telur yang sudah berukuran ideal untuk ovulasi (diameter folikel 18 mm atau lebih). Obat disuntikkan setelah pengobatan dengan klomifen, hMG atau FSH. Sebelum disuntikkan sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG transvaginal pada saat hari haid ke 12 untuk melihat perkembangan sel telur.

Letrozole. Termasuk kelas obat-obatan yang dikenal sebagai inhibitor aromatase. Letrozole, juga dikenal sebagai obat untuk mengobati beberapa kanker payudara, dapat menyebabkan terjadinya ovulasi. Namun penggunaannya masih belum sesering klomifen sitrat .

Metformin. Obat ini sebetulnya bukan obat induksi secara langsung yang bekerja meningkatkan hormon yang memproduksi sel telur di kelenjar hipofisis otak. Namun umumnya digunakan ketika terjadi proses gangguan ovulasi karena kelainan metabolisme insulin ke dalam sel telur (meningkatnya resistensi insulin), biasanya terjadi pada wanita dengan diagnosa sindroma ovarium polikistik (PCOS). Metformin menormalkan kadar insulin dan membuat ovulasi lebih mungkin terjadi. Jadi bekerja secara tidak langsung memperbaiki ovulasi.

50 COMMENTS

  1. Dok, saya mau tanya…
    Dari obat2 di atas, obat yg di kasih oleh dokter kandungan saya nama nya “inlacin 50mg”
    Saya sudah komsumsi obat itu hampir 3bulan ini, tiap hari nya 2tablet
    Cuma dr hasil pemeriksaan, sel telur saya hanya sebesar 12mm pada saat hari ke 12 haid, kalo dlm keadaan normal, sel telur saya hanya 9mm
    Menurut dokter obat yg di berikan oleh dokter kandungan saya ini bagus atau tidak, karena pd saat konsul ke empat, saya minta di berikan alternatif obat lain, tp tidak di setujui oleh dokter saya.
    Menurut dokter apakah saya harus berganti dokter kandungan yg lain atau tetap meneruskan komsumsi obat inlancin ini ya dok
    Karena saya dan suami sudah ingin sekali memiliki momongan…
    Trimakasih

  2. Santi,

    Anda bisa lanjutkan pengobatannya, namun saya tidak tahu pasti sejauh mana kemungkinan hamil tanpa melakukan pemeriksaan dan melihat semua data yang anda miliki.

  3. Dok, lgkh utama yg hrs saya lakukan? Bagi sya Penderita pcos? Dengan berat badan 75kg,,,
    Apa saya hrs diet dahulu? Dan stlh turun, barulah program ke dokter kandungan?
    Saya menikah sudah hampir 2thn, tp blm jg hamil.
    Mohon pencerahannya dok,,,
    Thx

  4. Filza, bisa dilakukan secara simultan kok, harus dicek menyeluruh suami+istri

  5. Dok, perut sy sedikit membesar,Dan dibahagian bawah perut ada benjolan tapi saya tak mengandung. Dah 1 tahun saya menikah

  6. Dok,
    Kata dr kandungan, sel telur saya kecil2…
    Mens tidak pernah teratur.

    Obatnya apa dok,untuk segera hamil…,tks

  7. Dok,,saya wanita usia 27th dgn siklus menstruasi 28hr sudah periksa ke Dsog status rahim normal Dan suami normoospermia dgn 4% bentuk normal.setelah konsul ke2 diresepkan blesifen 50 1xsehari diminum jm 8-9mlm. Suami diberi zeman sx Dan neo provirgor.Dan untuk vitamin kami minum vioxy Dan folafit. Trs setelah cek usg transvaginal hari ke 11 ukuran sel telur 24mm indung kiri 16mm kanan. Apakh ukuran 24mm dihari ke 11 itu normal atau tll cpt matang dok?Dan dgn 4% sperma berbentuk normal itu cukup dok?trima kasih dok.

  8. almas, coba cek ke arah kelainan PCOS (bisa baca di artikel lainnya) baru terapi sesuai masalah

  9. Dok bln lalu sy konsul hasilnya sel telur sy bnyk dan kecil2… Sy diberi resep glucopaghe… Dan jika bln ini msh mens diresepkn profertil… Suami normozoosperma tp jmlhnya tergolong sedikit kata dokter sy… Apa pengobtn sy sdh tepat…? Dah glucopaghe itu kegunaannya utk apa ya?

  10. dok, saya berumur 24 tahun dan telah mempunyai seorang putri berusia 3 tahun, dan sekarang saya menginginkan anak kembar, apakah saya dapat menggunakan obat induksi untuk dapat menunjang keinginan saya? saudara ibu saya melahirkan anak kembar dan ibu mertua saya mempunyai anak kembar.

  11. Dok saya haid tidak teratur saya ingin segera memiliki momongan usia pernikahan says 5bulan.tiap ke klinik kandugan hanya diberi obat cepet haid. Setelh it saya haid lalu bulan berikutny tidak haid padahal saya menginginkan segara pny anak bagaimn solusiny dok

  12. fenny, ga usah diprogram anak kembar. risiko tinggi buat ibu dan janin keculi memang dari sananya.

  13. dias harus diperiksa secara lengkap kedua pasangan. baru setelah diketahui masalahnya diobati yang sesuai.

  14. Pagi Dok,
    Saya sudah 3thn menikah, infertil primer. Sy sdh HSG dngn hasil paten kanan dan kiri ada perlengketan. USG transvaginal jg sdh dengan hasil sel telur normal pada tuba kanan. Meburut dokter yg memeriksa, tdk ad ketergesaan untuk dirujuk ke endokrin meskipun kesempatan untuk hamil 50-50. Belum ada terapi hingga saat ini. Untuk pemeriksaan hormon smua normal,darah lngkap juga normal. Untuk suami, hasil noozospermia.

    Bagaimana posisi ML yg sebaikny untuk keadaan saya dengen paten kanan saja. Apakah ada terapi yg harus saya jalani?
    Terima kasih

  15. Dokter…boleh ga kita konsumsi obat penyubur sel telur sendiri tanpa melalui konsul ke dokter. Krn di sini ga ada dokter kndungan. Apa obat yang bagus tuk penyubur sel telur serta dosis n waktu konsumsinya? Trimakasih…

  16. Dok…saya baru 3bulan mengalami keguguran saat usia kandungan 7w…sblum hamil saya promil dan tnyata PCO,saya juga sempat konsumsi inlacin,provertil dan ovacare…apakah saya boleh konsums obt tsrsebut kembali dok tanpa konsul kdokter terlebih dahulu?thx….

  17. .dok saya irma usia saya 22 th dok , saya nikah baru 5 bulan tp haid saya sakit terus , saya udh usg dok , di rahim saya ada pco , endometriosis , sama adleomiosis saya udh brnti buat pengobatan soalnya saya udh pasrah sedikasih nya aja momongan nya , apa itubahaya dok buat saya ?? ngaruh ga dok buat saya klo ingin hamil ??

  18. Malam Dok..
    Dok mau tanya, tadi saya diresepkan inclacin 100mg sama folamil genio… karena saya bilang haid saya ngga teratur dan bulan ini sudah telat sebulan (terakhir haid tgl 16juni) tadi dokternya bilang resepnya bisa diulang selama 3 bulan.. yg saya tanyakan.. yg bisa diulang/diminum selama 3bulan itu yg mana? Yg folamil atau inlacin? Saya lupa soalnya dok..

    Terimakasih

  19. Dokter… Dalam bberapa bulan ini, setiap usg dlm masa subur, telur nya tidak perna ada. Saya hanya di beri obat Visanne (Dienogest 2mg). Tp jg blom keliatan.obat apa yg harus sy konsumsi Dok.. Mksh

  20. Dok, saya 1 tahun menikah dan baru menjalani promil. menurut dokter saya menderita PCOS resisten insulin kemudian diresepkan inlacin 100gr 2×1. pertanyaannya apakah tidak berbahaya dok obat inlacin karena yang saya tahu itu untuk diabetes? sedangkan gula saya dlm keadaan normal.. dan apakah sama pcos resisten insulin dengan diabetes melitus tipe2. mohon dibantuannya ya dok, trims

  21. dok, saya menikah 8 bulan, dan saya di diagnosis PCOS oleh dokter kandungan saya. berbagai obat sudah saya konsumsi, dari inlacin , ovacare, glisodin, dan pelancar haid provera, sampai bulan kemarin saya dikasih profertil. namun pas diliat sel telur quh masih 11 Mili. apakah denga masya saya ni bisa kemungkinan hamil dok? sampai saat ni saya sedang terapi oleh dokter kandungan . apahpun sarannya saya manut

  22. Dok saya mau tanya,. Saya di diagnosa PCO oleh dokter kandungan tempat saya periksa. Lalu saya diberi obbat Car-Q 100mg diminun 1×1. Saya buka internet disitu kegunaannya untuk kesehatan jantung dan antioksidan. Yang saya tanyakan apakah ada hubungannya obat tersebut dengan sakit yg saya derita?
    Atas perhatiannya terima kasih dok

  23. Dok saya wanita 38 tahun. Saya diresepkan dipthen oleh dokter spog saya. Yang mau saya tanyakan apakan dengan mengkonsumsi dipthen bisa memajukan hari ovulasi? Trimakasih

  24. Dak saya disarankan konsumsi clomifen oleh dokter saya pada hari ke 2 siklus tapi saya lupa hingga hari ke 5. Apakah saya boleh minum mulai saat ini hari ke 5? Dan apakah pasca kb pil saya dapat langsung minum obat ini meskipun blm diketahui ovulasi saya apakah normal atau tidak?
    Terimakasih dok

  25. Dok, saya umur 21thn, Saya sudah 5 tahun menstruasi selama 2 hari. Setelah usg, dokter mengatakan saya mengalami kegagalan ovulasi. Saya belum menikah dan tujuan saya kedokter karena ingin menormalkan menstruasi saya supaya tidak terus menerus 2 hari. Apa bisa dinormalkan menstruasi saya dok? Saya belum menikah dan juga tidak ada rencana menikah dalam waktu dekat.
    Mohon informasinya dok, terima kasih..

  26. Hallo dokter, nama saya Ica 28 tahun, married sudah 1 tahun namun belum punya anak. Saya belum pernah mengunjungi SpOG sebelumnya, dan mencoba untuk menghitung sendiri masa ovulasi saya untuk di tes kapan saya dalam masa subur. Selama saya cek hampir setiap pas perhitungannya dengan siklus menstruasi, hasilnya selalu negatif. Ada ketakutan tersendiri untuk berkunjung ke SpOG karena saya khawatir divonis infertil. Mohon tanggapan dan masukannya dok (selain saya harus mengunjungi SpOG. Terima kasih.

  27. Dok, saya sdh menikah 3thn 1thn lalu sdh program hasil suami oat namun sel telut saya cukup tuba paten kiri kanan tp di buku pasien saya ad keterangan endometriosis apakah itu gejala infertil juga untuk wanita?
    Suami dan saya sdh di resep profertil selama 3bln blm berhasil
    Ada rekomendasi obat lain dok?

    Terimakasih

  28. Dok, 26 mei lalu waktu haid hari ke-3 saya dikasi diphten oleh dokter, 1×1 selama 5 hari. Sampai sekarang saya masih belum haid (siklus 37 hari) tapi saya testpack negatif. Apakah minum diphten bisa membuat siklus haid kacau? Makasi dok

  29. Maaf Dok saya yuni usia 33th, suami 36th mau tanya, kami sdh 3x ini ke bidan untuk konsultasi program hamil,
    Prksa pertama saya diberi pil Hormon yg warna putih diminum sehari 2x.
    kedua dikasih pil hormon warna kuning diminum sehari 1x sama vitamin calcifar plus.
    Dan ini yg ketiga dikasih pil hormon warna putih lg diminm sehari 2x sm vit calcifar plus.
    Kami menikah sdh 3bln ni, dan menstruasi sy maju mundur tp tepat tanggal(mis: bln mei haid tgl 7 bln juni tgl 26 dan seterusnya )
    Dan saya pernah USG katanya kandungan baik2 saja. Apakah aman2 saja ya dok dgn kondisi haid sy sprti itu? Terimakasih atas jawabanya.

  30. Kalo dalam obat hormon susah bilang normal atau ngga. Tapi program hamil ga bisa langsung kasih hormon. Cari masalahnya dulu. Apalagi baru 3 bulan kawin.. Kecepatan program hamil nya

  31. Dokter, insem kemaren aq gagal karna endometrium line nya dibawah 8, bulan ni diresepkan Letrozole bukan chlomipen, pertanyaanku secara logika kan kalo endometrium line tipis katanya kekurangan estrogen, kenapa gak terapi hormon aja ya dok? Bagaimana dok? Menurut dokter? Obatnya belum q minum ni baru tanda2 mau haid aja

  32. Era, memang promil tekniknya bisa individual tergantung pengalaman dan ilmu dokternya..

    Kalo saya saat H12 telur masih kecil dan endometrium tipis bisa tunda cek ulang. Kalo hanya endometrium tipis telur besar ya bisa support hormon estrogen biar tebal. Baru diinsem saat kondisi ideal

  33. Harusnya obat induksi ovulasi buat siklus jadi normal. Ada faktor lainnya di indung telur. Bisa juga faktor nutrisi ga bagus

  34. Kalo saya cek insulin puasa juga. Pcos bisa insulin tinggi tapi gula darah normal.

    Jadi terapi untuk atasi kelebihan insulin karena ada resistensi insulin di sel

  35. Ya memang gabakan kelihatan kalo minum obat itu. Kalo mau ada telur minum obat induksi ovulasi

  36. kemaren pake chlomipen 2×1, pas hari ke 11 hasilnya sel telurku banyak yg mateng dok sampe 5 buah, semua ukurannya 2-2,3 mm. cuma pas di ukur ketebalan dinding rahim cuma 5 mm, kemudian dicek lagi hari ke 14, telur belum pecah dan endometrium line nya hanya meningkat jadi 5,8 mm aja, kata dokternya kalo belum 8mm di cancel aja. al hasil saya cancel aja siklus kemaren.. makanya saya bgung dok, kenapa gak diresepin Progniva/ terapi estrogen aja ya dok?
    kemaren udah tanya sih, kenapa gk pake terapi estrogen..

    sebelumnya makasih banyak ya dok, jawabannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here