ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Deteksi kelainan rahim dan saluran telur dengan pemeriksaan SIS (Saline Infusion Sonohysterography)

Submitted by on Wednesday, 22 September 2010181 Comments

Saline Infusion Sonohysterography (SIS) adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kelainan pada rongga rahim dan saluran telur. Pemeriksaan rahim menggunakan alat ultrasonografi dan memasukkan cairan saline steril ke dalam rongga rahim.

SIS dilakukan pada pasien dengan masalah  perdarahan uterus abnormal, infertilitas/kekurangsuburan, keguguran berulang, kelainan bawaan rahim, evaluasi sebelum dan sesudah tindakan/operasi pada rongga rahim, dicurigai adanya perlengketan rongga rahim, dan evaluasi lebih lanjut jika ada kecurigaan pada pemeriksaan ultrasonografi.

SIS tidak dapat dilakukan pada wanita yang sedang hamil atau adanya kecurigaan adanya kehamilan. Tindakan ini juga tidak boleh dilakukan pada wanita dengan infeksi panggul aktif atau nyeri panggul yang tidak jelas penyebabnya.

Bagaimana SIS dilakukan?

SIS biasanya dilakukan setelah haid, umumnya dilakukan pada haid hari ke 9-11. Bisa lebih awal pada siklus haid yang lebih pendek. Untuk mengurangi rasa nyeri selama dan setelah tindakan dapat diberikan obat anti nyeri. Prosedur dimulai dengan pemeriksaan USG transvaginal. Kemudian kateter kecil dimasukkan ke dalam rongga rahim melalui mulut rahim. Cairan saline steril dimasukkan melalui kateter bersamaan dengan pemantauan dengan USG.

teknik pemeriksaan SIS

teknik pemeriksaan SIS

Cairan yang ada dalam rongga rahim berfungsi untuk meningkatkan detail gambar dari rongga rahim. Adanya kelainan seperti polip endometrium dan mioma submukosum biasanya sangat baik ditampilkan dengan pemeriksaan ini. Selain itu saluran telur juga dapat dipantau patensinya, apakah ada sumbatan atau tidak melalui mudah atau sukarnya cairan masuk ke dalam rahim atau melalui aliran cairan saline yang dapat dipantau dengan mudah menggunakan teknik color doppler.

Pemeriksaan SIS pada polip endometrium

Tampak Polip pada Pemeriksaan SIS

Adakah risiko dan komplikasi?

SIS adalah prosedur yang sangat aman. Namun kadang dapat ditemui  kram perut ringan, perdarahan, atau keluar cairan/keputihan. Komplikasi yang lebih serius yang mungkin adalah terjadinya infeksi panggul, namun, ini terjadi kurang dari 1% dan biasanya ada masalah kelainan/infeksi saluran telur sebelumnya. Hubungi dokter apabila dalam 2 hari timbul nyeri atau demam.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.