Deteksi kelainan rahim dan saluran telur dengan pemeriksaan SIS (Saline Infusion Sonohysterography)

58
2099

Saline Infusion Sonohysterography (SIS) adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kelainan pada rongga rahim dan saluran telur. Pemeriksaan rahim menggunakan alat ultrasonografi dan memasukkan cairan saline steril ke dalam rongga rahim.

SIS dilakukan pada pasien dengan masalah  perdarahan uterus abnormal, infertilitas/kekurangsuburan, keguguran berulang, kelainan bawaan rahim, evaluasi sebelum dan sesudah tindakan/operasi pada rongga rahim, dicurigai adanya perlengketan rongga rahim, dan evaluasi lebih lanjut jika ada kecurigaan pada pemeriksaan ultrasonografi.

SIS tidak dapat dilakukan pada wanita yang sedang hamil atau adanya kecurigaan adanya kehamilan. Tindakan ini juga tidak boleh dilakukan pada wanita dengan infeksi panggul aktif atau nyeri panggul yang tidak jelas penyebabnya.

Bagaimana SIS dilakukan?

SIS biasanya dilakukan setelah haid, umumnya dilakukan pada haid hari ke 9-11. Bisa lebih awal pada siklus haid yang lebih pendek. Untuk mengurangi rasa nyeri selama dan setelah tindakan dapat diberikan obat anti nyeri. Prosedur dimulai dengan pemeriksaan USG transvaginal. Kemudian kateter kecil dimasukkan ke dalam rongga rahim melalui mulut rahim. Cairan saline steril dimasukkan melalui kateter bersamaan dengan pemantauan dengan USG.

teknik pemeriksaan SIS
teknik pemeriksaan SIS

Cairan yang ada dalam rongga rahim berfungsi untuk meningkatkan detail gambar dari rongga rahim. Adanya kelainan seperti polip endometrium dan mioma submukosum biasanya sangat baik ditampilkan dengan pemeriksaan ini. Selain itu saluran telur juga dapat dipantau patensinya, apakah ada sumbatan atau tidak melalui mudah atau sukarnya cairan masuk ke dalam rahim atau melalui aliran cairan saline yang dapat dipantau dengan mudah menggunakan teknik color doppler.

Pemeriksaan SIS pada polip endometrium
Tampak Polip pada Pemeriksaan SIS

Adakah risiko dan komplikasi?

SIS adalah prosedur yang sangat aman. Namun kadang dapat ditemui  kram perut ringan, perdarahan, atau keluar cairan/keputihan. Komplikasi yang lebih serius yang mungkin adalah terjadinya infeksi panggul, namun, ini terjadi kurang dari 1% dan biasanya ada masalah kelainan/infeksi saluran telur sebelumnya. Hubungi dokter apabila dalam 2 hari timbul nyeri atau demam.

58 COMMENTS

  1. Setelah SIS keluar darahnya berapa hari? Kalau masih terasa nyeri perutnya apa itu normal? Saya baru 2 hari SIS, makasih jawabannya dok

  2. Dok. Saya sdh HSG dan hasilnya tuba kanan kiri tersumbat lalu Dr. Menyarankan tuk BT krn biaya BT mahal dan saya jg msh pengen hamil normal. Lalu saya cek darah tuk mengetahui kesuburan saya dan jg cek sperma dan Alhamdulillah hasilnya semua baik. Kemudian saya coba dulu tuk melakukan operasi laparascopy….saya berharap dgn operasi laparascopy sumbatan saya bisa terbuka….tapi ternyata ga! Dr. Tetap menyuruh saya utk bayi tabung.
    Apakah sumbatan saya ini tdk bisa di obati misalnya : dgn hidrotubasi dan diathermi?
    Tlng dong ….apa yg hrs saya lalukan selain BT.
    Terima kasih

  3. Selamat siang Dr … Nahhh klo saya ini … sudah melakukan Oprasi kecil yaitu Laparoscopy karna Ke dua tuba saya non paten … saya melakukan Laparoscopy pada bulan Mei Kemaren , nahhh karna saya juga penasaran .. ko blm juga tekdung .. akhirnya pada bulan Agustus saya haid , lalu haid hari ke 10 nya saya lakukan HSG .. tapi hasilnya bikin galau … karna ternyata tuba saya masih dalam keadaan tersumbat , memang sblm Laparoscopy ada perlengketan , penyumbatan … makanya saya bersedia untuk Laparoscopy ,

    Pertanyaan nya … Apakah dengan saya melakukan SIS tuba saya yg tersumbat akan bolong bebas hambatan …? Mengingat Umur saya Sudah kepala 3. Dan saya sudah berikhtiar berbagai macam cara , periksa berbagai Dokter Handel SP.OG , nahhh hampir setiap Dokter yg memeriksa saya selalu memfonis saya harus melakukan IVF jika ingin hamil , hanya 1 dokter SP.OG yg masih bisa menghibur saya dengan tidak memfonis saya untuk melakukan IVF tetapi beliau menyarankan agar tetap sabar , be positif , tetap semangat berusaha untuk hamil alami , karena .. bagi dokter seorang dokter hanyalah sebagai perantara Allah SWT .. tapi yg jelas Hanya Allah yg maha pencipta, maha pemberi , maha suci , maha sempurna , Jadi harus percaya kepada Tuhan yang maha ESA , Walaupun banyak dokter memfonis Harus IVF Tapi rencana Tuhan lebih indah , dan tidak ada yg sulit baginya untuk memberi kebahagiaan kepada Mahluk ya , dan tidak ada yg tidak mungkin baginya segalanya menjadi mungkin .

    Mohon Bimbingan nya Dr … saya berencana Bulan Oktober ini akan melakukan konsultasi soal SIS ke Dokter Lain , rumah sakit lain lagi … siapa tau Allah berkehendak dengan melalui SIS saya bisa Hamil alami , dan bisa punya bayi kembar 3 , 2 cowok dan 1 cewek Aamiin ya rab … saya Pengin punya banyak anak kandung seperti Ibu saya , nenek saya ??

  4. Saya ikut prihatin akan masalah tubanya. memang harus di coba aja SIS. Siapa tahu bisa.ga ada salahnya dicoba.

    Hamik itu kalo ga alami,inseminasi atau batab. Tapi kalo kedua tuba mampet ya secara sunatullah juga sangat susah hamil alami dan insemunasi. Mukzizat? Bisa aja secara teori. Seperti matahari terbit dari barat. Kalo Allah mau ya bisa aja.

    Artinya kalo sudah diupayakan semua cara masih gagal ya lanjutkan bayi tabung. Masalah biaya,keberhasilan dll ini bisa berdoa dan berupaya.. Semoga bisa hamil ya saya doakan

  5. Kalo saya sih HSG paten bisa aja SIS mampet. Sering kejadian ini. Jadi SIS utk memastikan setelah program kok ga hamil juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here