Bagaimana cara minum pil KB yang benar ?

191
16612

Salah satu jenis alat kontrasepsi yang populer di Indonesia adalah pil KB. Pil KB berisi hormon (bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja). Pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Jadi, jika terjadi kehamilan mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Pil KB  ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya?. Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung (plasebo) alias tidak memiliki efek pengobatan. Pada saat memakan pil plasebo inilah haid diperkirakan akan muncul atau terjadi. Tujuan disediakan pil tersebut adalah supaya tidak repot dan tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libut/tidak makan pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Apakah nanti tidak hamil?, Ya tidak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur.

 

 

 

 

 

 

Kapan pil KB ini dapat diminum? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid. Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang sehingga perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Jika mengkonsumsi pil KB 21 tablet dan lupa melanjutkan pada blister yang baru maka jangan heran mens tidak akan terjadi. Hal ini karena efek dari lanjutkan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB tersebut. Cara mengeluarkan mens bagaimana ? mudah saja hentikan pil KB maka dalam beberapa hari mens akan terjadi.

Attention Deficit Disorder Symptoms

191 COMMENTS

  1. fira selama menyusui jangan minum pil kb yang isisnya kombinasi hormon. nanti ASI berhenti.ke dokter aja cek ya

  2. Ririn, bisa hamil kalo minumnya sebelum masa subur. harusnya dimium sejak awal mens

  3. Halo dok,,,,mau tanya saya kan sdh hampir setahun tdk pakai Kb, yg lalu saya pke kb suntik 3 bln
    Saat ini sy bru mau pke pil kb.
    Yg mau dy tanyain,,,,apakah bru pertama kali konsumsi pil kb bisa lgsung berhubungan dok?
    Tengkiu

  4. Malam Dok..
    Saya baru ingin berKB dgn Pil. Saat ini saya sedang haid hari ke 4.
    Pertanyaannya..apakah kb pil itu hrs dimulai saat haid pertama?
    Jika bukan hari pertama haid bagaimana?dan dimulai pada pil yg urutan keberapa? Terima kasih.

  5. Dok,saya minum pil kb setelah men dan setelah dua hari saya berhubungan dan hari kempat saya berhubungan lagi apa bisa hamil dok

  6. Dok mau tanya..
    Aku uda minum pil kb andalan laktasi sudah sebulan lebih tp sampai skrng belum juga mens selain itu kepala juga pusing,mual n badan g enak semua apa pengaruh pil kb nya ya dok mohon penjelasannya…

  7. Dok, saya baru mulai konsumsi pil KB yaz isi 28 tgl 7 mei 2015, hari ke 5 saya mens. Nanti setelah 1 strip habis, saya melanjutkan minum pil kb nya lg jeda 5 hari setelah mens jg atau lgsg dilanjut tanpa jeda? Makasi sebelumnya dok.

  8. dok saya mau tanya, pada minggu kedua minum pil kb diane, saya terlambat kira2 8 jam minumnya, dan pada mlm itu sy melakukan hubungan intim kira2 bisa terjadi kehamilan gak dok? tpi dihari2 sbelumnya saya rutin minumnya dok gak ada yg tertinggal
    mohon jawabannya dok

  9. nadia, kalo siklus sebelumnya minum rutin sepertinya tidak hamil

  10. tina kalo baru pertama minum dimulai saat mens pertama. yang selanjutnya sesuai pemakaian berdasarkan brosurnya. jenis obat bisa beda cara

  11. srikandi, kalo sebelumnya kb rutin dan lansung ganti pil tanpa terputus boleh aja berhubungan

  12. Dear dok,, mau tanya
    Saya sudah 5 bulan tidak menstruasi,, dan saya masih mahasiswa belum pernah berhubungan intim
    Sama siapapun, apa yang harus saya lakukan,?? Meminum pil kb,?? Klo pil kb ,? Jenis apa yg saya minum,??? Makasih sebelumnya,,,

  13. Dok saya mau tny, sy masih remaja, menstruasi saya tdk lancar, alhasil jerawat dan komedo sy bnyk bermunculan tdk hny di wajah tp jg di punggung, hal ini sudah menahun. Saat menstruasi biasanya perut keram, sy menggunakan ka.diclofenac krn pakai buscopan plus tidak berefek. Apakah sy boleh mengonsumsi pil KB seperti diane untuk menstabilkan siklus menstruasi, mengontrol jerawat dan bulu berlebih seperti di punggung dan perut sy dok? Thanks

  14. sore dokter, saya mau tanya apakah pil Kb dapat meniingkatkan kesuburan? benarkah dengan mengkonsumsi pil KB bisa segera hamil?

  15. Sore dok

    Kemarin saya melakukan “hubungan” dengan pasangan saya, dan pasangan saya keluar 2x yang pertama keluar di luar miss V yang kedua katanya tidak berasa keluar ato tidak namun kelamin pasangan saya masih masuk di miss V saya

    saya ingin menanyakan apakah setelah berhubungan boleh meminum pil KB? Karena saya baca jika meminum pil KB harus saat haid, karena saya belum siap untuk pembuahan. Jadi apakah bisa pil KB untuk mencegah pembuahan saya doc?

  16. julia, bukan itu tujuan pil kb, kadang bisa dipake utk perbaiki gangguan hormonal. seprti di “reset” hormonnya

  17. Dok…sy mau tanya sy minum pil kb jam 7 malam…trus pagi pagi ya sy brhubungan intim dgn suami sya…apakah mungkin bisa hamil dg…mslh ya badan sy lemas

  18. Dear dokter,

    Saya melahirkan 10bln lalu, menyusui secara eksklusif sampai saat ini, dan saya belum mendapat menstruasi sejak selesai nifas selama 60hari. Normalkah? Lalu, 3 hari lalu sy berhubungan dengan suami tanpa pengaman, sy takut kebobolan krn belum KB. Bisakah sy minum pil kb laktasi? Sudah terlambatkah krn hubungan intim 3 hari. Amankah mengingat sy blm mens sejak selseai nifas? Trimakasih

  19. dok, darah nifas sudah berhennti sebelum 40 hari nifas. setelah 40 hari nifas saya blm dpt mens. sya blh tdk minum pil laktasi walaupun blm dtg bln dok?

  20. Dok saya konsumsi kb pil,ini belum jadwal mens kok udah mens ya, ,,, haruse q mens mgu depan, itu kenapa ya dok? Kira2 mgu dpn q mens lgi gk ya kan ssai jadwal di pil nya gitu, tlong djawab ya

  21. Dok, kalau mau pakai pil kb pertama kali apa perlu konsultasi ke dokter dulu? karena saya sudah haid hari ke 3 dan belom sempat ke dokter. apa bisa langsung pakai pil kb diane 35 di hari ke 5 haid?

    Terima kasih

  22. Dan apakah aman dan tidak terjadi kehamilan jika dimulai saat haid di hari ke 5?

    terima kasih

  23. emilia,kalo stop 1 blister jangan langsung lanjut brenti 7 hari nah akan mens

  24. dok saya mau nanya,

    saya bersama pasangan saya brsn berhubungan dan tanpa sengaja keluar di dalam. apa yang harus saya lakukan untuk mencegah kehamilan? saya sudah beli microgynon lingkar biru. bagaimana cara pemakaiannya dan dosisnya agar saya tidak hamil.

    Terima Kasih

  25. dok , kalo sy check upt , ianya positif ..then sy ambil pil perancang marcilon, marvelon dan microgynon,,, 5 biji sehari .apa kesan pada sy ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here