ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Bagaimana cara minum pil KB yang benar ?

Submitted by on Monday, 28 November 20112 Comments

Salah satu jenis alat kontrasepsi yang populer di Indonesia adalah pil KB. Pil KB berisi hormon (bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja). Pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Jadi, jika terjadi kehamilan mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Pil KB  ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya?. Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung (plasebo) alias tidak memiliki efek pengobatan. Pada saat memakan pil plasebo inilah haid diperkirakan akan muncul atau terjadi. Tujuan disediakan pil tersebut adalah supaya tidak repot dan tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libut/tidak makan pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Apakah nanti tidak hamil?, Ya tidak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur.

 

 

 

 

 

 

Kapan pil KB ini dapat diminum? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid. Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang sehingga perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Jika mengkonsumsi pil KB 21 tablet dan lupa melanjutkan pada blister yang baru maka jangan heran mens tidak akan terjadi. Hal ini karena efek dari lanjutkan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB tersebut. Cara mengeluarkan mens bagaimana ? mudah saja hentikan pil KB maka dalam beberapa hari mens akan terjadi.

Attention Deficit Disorder Symptoms

2 Comments »

  • astri ridwan said:

    mau tanya dok..saya minum diane35 teratur sesuai petunjuk, tp sampai blister pertama habis tidak terjadi haid.jd saya ga pk interval libur 1minggu dan meneruskan ke blister ke-2..apa cara itu tidak apa2?krn kLo ga minum khawatir hamil.
    Trims.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Astri
    harunya ada jeda liburnya

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.