ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Bagaimana cara minum pil KB yang benar ?

Submitted by on Monday, 28 November 201155 Comments

Salah satu jenis alat kontrasepsi yang populer di Indonesia adalah pil KB. Pil KB berisi hormon (bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja). Pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Jadi, jika terjadi kehamilan mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Pil KB  ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya?. Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung (plasebo) alias tidak memiliki efek pengobatan. Pada saat memakan pil plasebo inilah haid diperkirakan akan muncul atau terjadi. Tujuan disediakan pil tersebut adalah supaya tidak repot dan tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libut/tidak makan pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Apakah nanti tidak hamil?, Ya tidak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur.

 

 

 

 

 

 

Kapan pil KB ini dapat diminum? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid. Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang sehingga perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Jika mengkonsumsi pil KB 21 tablet dan lupa melanjutkan pada blister yang baru maka jangan heran mens tidak akan terjadi. Hal ini karena efek dari lanjutkan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB tersebut. Cara mengeluarkan mens bagaimana ? mudah saja hentikan pil KB maka dalam beberapa hari mens akan terjadi.

Attention Deficit Disorder Symptoms

55 Comments »

  • astri ridwan said:

    mau tanya dok..saya minum diane35 teratur sesuai petunjuk, tp sampai blister pertama habis tidak terjadi haid.jd saya ga pk interval libur 1minggu dan meneruskan ke blister ke-2..apa cara itu tidak apa2?krn kLo ga minum khawatir hamil.
    Trims.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Astri
    harunya ada jeda liburnya

  • lin said:

    Mau tanya dok, saya blm pernah pakai pil kb sebelumnya. 2 hari yg lalu sy berhubungan intim and sperma dikeluarkan di dalam. Karena takut hamil, sy membeli pil kb diane35. Sy minum di hari sabtu itu dan hari minggu masing-masing 1 pil. Sy mens bulan lalu di tanggal 7 atau 8. Untuk mencegah kehamilan, bagaimana cara meminum pilnya selanjutnya? Mhn penjelasannya. Trmksh.

  • lita said:

    Saya memakai pil KB neynna, trus pil terakhir hilang apakah saya bisa menstruasi? Trus jika berhubungan apa bisa hamil?

  • aan said:

    pada saat jeda. 7hari kan tidak minum pil..??
    apakah kl dipake berhubungan bisa hamil dok..??
    terima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Aan,
    jeda minum pl kb tidak akan hamil, karena biasnya akan terjadi mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Lita
    biasanya mens, 1 pil lupa tidak masalah. kemungkinan hamil tidak ada

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Iin
    minum pil kb jika pertama kali minum saat awal mens

  • evi said:

    dok.mo tanya.slma 3thn aku pke kb suntik 3bln.skrang sy pngen ganti

  • Ika said:

    Klw abis 2 mnggu haid trus mnum pil kb langsung brhubungan, bisa hamil ga dok ??

  • Sari said:

    Boleh tidak kalao pil kb diminum setelah berhubungan dan belum datang bulan??mohon penjelasanya?makasih dok

  • tya said:

    Hello doc, I’ve taken microgynon as emergency contraception. I didn’t do any intercourse. We were just doing petting. But I worried that I can get pregnant so I took microgynon as emergency contraception after around 46 hours. A source told that to take microgynon as emergency contraception, I should take 1×4 pills as first dose and 1×4 pills 12 hours after the first dose. But after I took 1×4 pills as first dose and 1×4 pills 12 hours after the first dose, I didn’t feel any side effect such many people written about it. That made me worried that the pills doesn’t work, so I took one pill after the second dose. But, around 4 hours later I felt terrible headache, nausea, stomachache, and fever. After vomited and defecated, my stomachache and nausea eased. The next morning I still felt dizzy but not as bad as the day before. My body temperature hasn’t decreased yet also. Because I felt not as bad as before I was back working on my computer for the rest of the day. But at the night I felt dizzy more intense again and my body temperature hasn’t decreased yet. I had already taken analgesics and paracetamol to reduce my body temperature and headache. But the next morning (today) I still feel dizzy and I doubt that my body temperature has decreased.

    I want to ask you, are they all symptoms of the beginning of pregnancy or just reaction to microgynon overdose? Have I taken microgynon as emergency contraception in the right way?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tya,
    the problem might be from the adverse reaction of the pils, usually the pills works after 2 times doses

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ika bisa aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    evi, ganti aja kb nya

  • tiara said:

    Dok,,, tgl 24 agustus 2014 nanti adalah habis masa nifas sy (40 hari pasca lahiran), sy mw mnm pil kb laktasi.tp sy bingung mw mulai minumx,soalx gk tw kpn haidx,dn gk berani kl mesti nunggu haid dl br minum?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tiara, jika asi lancar bisa setelah 3 bulan lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sari, bukan begitu car minum yang benar, harus rutin

  • Amie said:

    Bgni dok,saya bru m mulai pke pil kb,sblm na saya kb suntik 3bln.slma kb suntik,sya mens trz jd sya mw pke pil kb,shrsnya tgl 26 ini sya suntik lg tp mw pil kb aja,pa sya mulai mnum na tgl 26 atw nunggu mens lg?trims dok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    amie, mulai saat akan ganti cara kb

  • erika wulandari said:

    dok, kalo pada masa remaja lagi mens terus dia ciuman apakah bisa hamil? Saya takut dok, makanya saya minum pil KB :(

  • dian said:

    Dear dokter, jadi ini pertama kalinya saya menggunakan pil kb diane dan saya tidak membaca petunjuknya dengan benar sehingga saya terus2an minum pil tanpa jeda. Begitu saya tau, pil kb lgsg saya hentikan dengan harapan akan secepatnya mens. Saya sudah mens tapi kenapa dikit bgt ya dok? Apakah ini karena kelebihan dosis pil kb? Lalu kapan saya bs mulai minum lg. Thank u dok. Ditunggu jawabannya

  • yuli said:

    selamat pagi dokter….saya mau tanya klo minum pil kb yasmin di awal bukan d waktu haid itu gmn yaaa….saya sudah minum yg 21hbs blm juga dpatkan menstrasi saya mhon penjelasanya dokter trimakasih…..

  • yuli said:

    maaf tanya lg ni dok…stlah saya minum pil kb yasmin saya jadi gk brrgairah berhubungan dengan suami dan cairan lendir yg kluar juga cm sdikit knp ya dokter….

  • sinta said:

    Dok, tanggal 28 saya mulai minum microgynon, tanggan 29 berhubungan..dan biasanya tanggal 2 setelahnya saya sudah mens, tp sampai sekarang mens belum juga, apakah bisa terjadi kehamilan? bagaimana caranya biar mens saya bisa keluar?

  • nelly said:

    dok saya mau tanya , saya minum pil kb microgynon
    hari ini saya burhubungan siang suda minum pil besok nya minum pil warna kuning dan besok nya lagi mnum warna putih , apakah bisa hamil

  • putri said:

    Dok mau tanya,sblm sya minum pil kb diane35 sya suntik 3bln slm kb suntik sya nggak menstruasi sdh slm 3th,stlh itu sya ganti pil kb diane35 slm minum pil kb sya tdk interval 7hr sya minum stiap hari sampai hbs 9tablet sampai skrg blm menstruasi soalnya td blm paham cara penggunaannya kta bidan pil kb diminum secara rutin,apakah ada efek bagi tubuh,mohan penjelasannya dok terimakasih?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    putri, pakai sesuai petunjuk yang ada di lembar penjelasan dalam box nya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nelly, bisa aja hamil jika baru minum

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yuli, kdang minum pil kb bisa menurunkan gairah. tapi dengan foreplay yang cukup tidak masalah kok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sinta sebaiknya cek doktenya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yuli tunggu 1 mgg setelah pil habis jika belum mens cek dokter

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    dian memang kalo minum pil kb yang 21 tablet diminum terus akan berhenti mensnya. stop aja dan dalam 7 hari akan mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    erika kalo tidak ada kontak penis dengan vagina baik lansung atau tidak langsung (pake pakaian) ya ga bisa hamil lah

  • putri said:

    Dok,berarti penggunaan pil kb diane 21tablet stiap hbs pilnya apa secara runtin hrs ada jedanya slm 7hr dan kpn pil mulai diminum lg apa stlh 7hr itu mulai diminum apa shbs mens mulai diminum?mohon penjelasannya dok,terimakasih.

  • Whyie said:

    Dok, penggunaan pil KB. Selama mengkonsumsi pil KB boleh berhubungan intim atau menunggu pilnya habis!??

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    whyie, selama minum pil kb secara benar ya boleh berhubungan

  • riny said:

    sore dok,mw tanya bisa gak sich qt mancing kehamilandengan menggunakan pil kb?

  • regina said:

    Doc…. sy perempuan tdk perna haid, apa dampat dan bagaimana solusi supaya haid, baru minum pil kb klu akan melakukan hubungan intim

  • Miia said:

    Dok, saya ikut kb suntik 3 bulan pertama stelah melahirkan, setelah itu lebih saya brenti lebih dri 1 tahun, nah sekarang saya mau kb pill , caranya gmna

  • Teresa said:

    Malam dok.

    Saya menggunakan pil KB Yasmin (21 tablet)
    Saya bingung mengenai jeda 7 hari.

    Anggap pil ke 21 diminum hari senen 1oktober
    Pada hari dan tanggal berapa saya minum lagi?
    Mohon penjelasannya.

    Bagaimana cara tau pil berfungsi atau tidak?
    Kapan aman untuk berhubungan sejak pertama minum?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    regina, tidak normal kalo tidak ada mens sebaiknya periksa dokter cari sebabnya. minum pil kb hanya jika sebelum berhubungan (tidak rutin) ga ada guna sbg kb

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    riny, kalo ada gangguan hormon tanpa masalah lain di suami+istri kadang bisa digunakan. fungsinya sbg “reset” masalah gangguan hormonnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    teresa, minum obat kb setelah jeda 7 hari dari pil terakhir. hitung aja 7 harinya. ga usah mikir tanggalan. kalo minum pil kb rutin bisaanya berfungsi selama tidak kadaluwarsa. kalo minum sejak awal boleh aja berhubungan

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mia, bisa lansung ganti pil kb pada jadwal suntik habis

  • siska said:

    Slamat pagi dokter

    Barusan saya minum Microsoft habis 1 strik hr ini, tp saya mulai turun haid 2 hr yg lalu, dan sekarang sudah mau habis haid. Saya mau ganti dgn pil diane, apakah bsk saya lanjut langsung dengan diane atau tgu haid ini selesai?

  • helda said:

    Saya hbis keguguran , tapi tidak tau cara mkai atau minum pil kb jde sya memulai nya meminum pil yang haid atau bgaimana ?

  • Ita said:

    salam …
    Dr saya baru menikah pad awal bulan ini tapi saya mau menunda kehamilan dulu tetapi suami saymengeluarkan sperma didalam saat kami melakukan hubungan intim ..aku mau menggunakan pil kb tapi aku takut kalau kalau sudah hamil .kalau belum hamil kapan sebaiknya aku mulai mengkonsumsi pil itu dok ?sementaratanggal mens saya pun tidak teratur.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    siska, ganti baru saat jadwal pil mendatang

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ita, mulai minum pil saat mens pertama

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    helda, minum aja saat mens pertama siklus berikutnya

  • nur said:

    Dokter, sy pernah lupa minum pil KB selama kurang lbh 20 jam. Pas ingat sy minum 1 dulu. Ternyata sudah ada bercak darah yg keluar, padahal jadwal haid msh 2 minggu lg. Apakah itu pertanda menstruasi? Lalu apakah tetap dilanjutkan minum pil atau dihentikan? Mhn jawabannya

  • Zidna Aisya said:

    Dok, sy baru saja slesai masa nifas. Sy pingin pakai pil kb laktasi. Bagaima caraminumnya? Apa kalau langsung minum boleh langsung berhubungan intim? Berapa jam boleh berhubungan intim setelah minum pil kb?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    zidna, bisa diminum saat mens mulai atau 3 bulan setelah melahirkan jika belum mens. tapi periksa dokter dulu lihat kondisi kandungan

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nur, minum pilnya dobel. lanjutkan aja. bukan mens

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.