ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

Bagaimana cara minum pil KB yang benar ?

Submitted by on Monday, 28 November 2011165 Comments

Salah satu jenis alat kontrasepsi yang populer di Indonesia adalah pil KB. Pil KB berisi hormon (bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja). Pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Jadi, jika terjadi kehamilan mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Pil KB  ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya?. Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung (plasebo) alias tidak memiliki efek pengobatan. Pada saat memakan pil plasebo inilah haid diperkirakan akan muncul atau terjadi. Tujuan disediakan pil tersebut adalah supaya tidak repot dan tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libut/tidak makan pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Apakah nanti tidak hamil?, Ya tidak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur.

 

 

 

 

 

 

Kapan pil KB ini dapat diminum? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid. Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang sehingga perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Jika mengkonsumsi pil KB 21 tablet dan lupa melanjutkan pada blister yang baru maka jangan heran mens tidak akan terjadi. Hal ini karena efek dari lanjutkan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB tersebut. Cara mengeluarkan mens bagaimana ? mudah saja hentikan pil KB maka dalam beberapa hari mens akan terjadi.

Attention Deficit Disorder Symptoms

165 Comments »

  • astri ridwan said:

    mau tanya dok..saya minum diane35 teratur sesuai petunjuk, tp sampai blister pertama habis tidak terjadi haid.jd saya ga pk interval libur 1minggu dan meneruskan ke blister ke-2..apa cara itu tidak apa2?krn kLo ga minum khawatir hamil.
    Trims.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Astri
    harunya ada jeda liburnya

  • lin said:

    Mau tanya dok, saya blm pernah pakai pil kb sebelumnya. 2 hari yg lalu sy berhubungan intim and sperma dikeluarkan di dalam. Karena takut hamil, sy membeli pil kb diane35. Sy minum di hari sabtu itu dan hari minggu masing-masing 1 pil. Sy mens bulan lalu di tanggal 7 atau 8. Untuk mencegah kehamilan, bagaimana cara meminum pilnya selanjutnya? Mhn penjelasannya. Trmksh.

  • lita said:

    Saya memakai pil KB neynna, trus pil terakhir hilang apakah saya bisa menstruasi? Trus jika berhubungan apa bisa hamil?

  • aan said:

    pada saat jeda. 7hari kan tidak minum pil..??
    apakah kl dipake berhubungan bisa hamil dok..??
    terima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Aan,
    jeda minum pl kb tidak akan hamil, karena biasnya akan terjadi mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Lita
    biasanya mens, 1 pil lupa tidak masalah. kemungkinan hamil tidak ada

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Iin
    minum pil kb jika pertama kali minum saat awal mens

  • evi said:

    dok.mo tanya.slma 3thn aku pke kb suntik 3bln.skrang sy pngen ganti

  • Ika said:

    Klw abis 2 mnggu haid trus mnum pil kb langsung brhubungan, bisa hamil ga dok ??

  • Sari said:

    Boleh tidak kalao pil kb diminum setelah berhubungan dan belum datang bulan??mohon penjelasanya?makasih dok

  • tya said:

    Hello doc, I’ve taken microgynon as emergency contraception. I didn’t do any intercourse. We were just doing petting. But I worried that I can get pregnant so I took microgynon as emergency contraception after around 46 hours. A source told that to take microgynon as emergency contraception, I should take 1×4 pills as first dose and 1×4 pills 12 hours after the first dose. But after I took 1×4 pills as first dose and 1×4 pills 12 hours after the first dose, I didn’t feel any side effect such many people written about it. That made me worried that the pills doesn’t work, so I took one pill after the second dose. But, around 4 hours later I felt terrible headache, nausea, stomachache, and fever. After vomited and defecated, my stomachache and nausea eased. The next morning I still felt dizzy but not as bad as the day before. My body temperature hasn’t decreased yet also. Because I felt not as bad as before I was back working on my computer for the rest of the day. But at the night I felt dizzy more intense again and my body temperature hasn’t decreased yet. I had already taken analgesics and paracetamol to reduce my body temperature and headache. But the next morning (today) I still feel dizzy and I doubt that my body temperature has decreased.

    I want to ask you, are they all symptoms of the beginning of pregnancy or just reaction to microgynon overdose? Have I taken microgynon as emergency contraception in the right way?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tya,
    the problem might be from the adverse reaction of the pils, usually the pills works after 2 times doses

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ika bisa aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    evi, ganti aja kb nya

  • tiara said:

    Dok,,, tgl 24 agustus 2014 nanti adalah habis masa nifas sy (40 hari pasca lahiran), sy mw mnm pil kb laktasi.tp sy bingung mw mulai minumx,soalx gk tw kpn haidx,dn gk berani kl mesti nunggu haid dl br minum?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tiara, jika asi lancar bisa setelah 3 bulan lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sari, bukan begitu car minum yang benar, harus rutin

  • Amie said:

    Bgni dok,saya bru m mulai pke pil kb,sblm na saya kb suntik 3bln.slma kb suntik,sya mens trz jd sya mw pke pil kb,shrsnya tgl 26 ini sya suntik lg tp mw pil kb aja,pa sya mulai mnum na tgl 26 atw nunggu mens lg?trims dok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    amie, mulai saat akan ganti cara kb

  • erika wulandari said:

    dok, kalo pada masa remaja lagi mens terus dia ciuman apakah bisa hamil? Saya takut dok, makanya saya minum pil KB :(

  • dian said:

    Dear dokter, jadi ini pertama kalinya saya menggunakan pil kb diane dan saya tidak membaca petunjuknya dengan benar sehingga saya terus2an minum pil tanpa jeda. Begitu saya tau, pil kb lgsg saya hentikan dengan harapan akan secepatnya mens. Saya sudah mens tapi kenapa dikit bgt ya dok? Apakah ini karena kelebihan dosis pil kb? Lalu kapan saya bs mulai minum lg. Thank u dok. Ditunggu jawabannya

  • yuli said:

    selamat pagi dokter….saya mau tanya klo minum pil kb yasmin di awal bukan d waktu haid itu gmn yaaa….saya sudah minum yg 21hbs blm juga dpatkan menstrasi saya mhon penjelasanya dokter trimakasih…..

  • yuli said:

    maaf tanya lg ni dok…stlah saya minum pil kb yasmin saya jadi gk brrgairah berhubungan dengan suami dan cairan lendir yg kluar juga cm sdikit knp ya dokter….

  • sinta said:

    Dok, tanggal 28 saya mulai minum microgynon, tanggan 29 berhubungan..dan biasanya tanggal 2 setelahnya saya sudah mens, tp sampai sekarang mens belum juga, apakah bisa terjadi kehamilan? bagaimana caranya biar mens saya bisa keluar?

  • nelly said:

    dok saya mau tanya , saya minum pil kb microgynon
    hari ini saya burhubungan siang suda minum pil besok nya minum pil warna kuning dan besok nya lagi mnum warna putih , apakah bisa hamil

  • putri said:

    Dok mau tanya,sblm sya minum pil kb diane35 sya suntik 3bln slm kb suntik sya nggak menstruasi sdh slm 3th,stlh itu sya ganti pil kb diane35 slm minum pil kb sya tdk interval 7hr sya minum stiap hari sampai hbs 9tablet sampai skrg blm menstruasi soalnya td blm paham cara penggunaannya kta bidan pil kb diminum secara rutin,apakah ada efek bagi tubuh,mohan penjelasannya dok terimakasih?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    putri, pakai sesuai petunjuk yang ada di lembar penjelasan dalam box nya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nelly, bisa aja hamil jika baru minum

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yuli, kdang minum pil kb bisa menurunkan gairah. tapi dengan foreplay yang cukup tidak masalah kok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sinta sebaiknya cek doktenya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yuli tunggu 1 mgg setelah pil habis jika belum mens cek dokter

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    dian memang kalo minum pil kb yang 21 tablet diminum terus akan berhenti mensnya. stop aja dan dalam 7 hari akan mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    erika kalo tidak ada kontak penis dengan vagina baik lansung atau tidak langsung (pake pakaian) ya ga bisa hamil lah

  • putri said:

    Dok,berarti penggunaan pil kb diane 21tablet stiap hbs pilnya apa secara runtin hrs ada jedanya slm 7hr dan kpn pil mulai diminum lg apa stlh 7hr itu mulai diminum apa shbs mens mulai diminum?mohon penjelasannya dok,terimakasih.

  • Whyie said:

    Dok, penggunaan pil KB. Selama mengkonsumsi pil KB boleh berhubungan intim atau menunggu pilnya habis!??

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    whyie, selama minum pil kb secara benar ya boleh berhubungan

  • riny said:

    sore dok,mw tanya bisa gak sich qt mancing kehamilandengan menggunakan pil kb?

  • regina said:

    Doc…. sy perempuan tdk perna haid, apa dampat dan bagaimana solusi supaya haid, baru minum pil kb klu akan melakukan hubungan intim

  • Miia said:

    Dok, saya ikut kb suntik 3 bulan pertama stelah melahirkan, setelah itu lebih saya brenti lebih dri 1 tahun, nah sekarang saya mau kb pill , caranya gmna

  • Teresa said:

    Malam dok.

    Saya menggunakan pil KB Yasmin (21 tablet)
    Saya bingung mengenai jeda 7 hari.

    Anggap pil ke 21 diminum hari senen 1oktober
    Pada hari dan tanggal berapa saya minum lagi?
    Mohon penjelasannya.

    Bagaimana cara tau pil berfungsi atau tidak?
    Kapan aman untuk berhubungan sejak pertama minum?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    regina, tidak normal kalo tidak ada mens sebaiknya periksa dokter cari sebabnya. minum pil kb hanya jika sebelum berhubungan (tidak rutin) ga ada guna sbg kb

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    riny, kalo ada gangguan hormon tanpa masalah lain di suami+istri kadang bisa digunakan. fungsinya sbg “reset” masalah gangguan hormonnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    teresa, minum obat kb setelah jeda 7 hari dari pil terakhir. hitung aja 7 harinya. ga usah mikir tanggalan. kalo minum pil kb rutin bisaanya berfungsi selama tidak kadaluwarsa. kalo minum sejak awal boleh aja berhubungan

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mia, bisa lansung ganti pil kb pada jadwal suntik habis

  • siska said:

    Slamat pagi dokter

    Barusan saya minum Microsoft habis 1 strik hr ini, tp saya mulai turun haid 2 hr yg lalu, dan sekarang sudah mau habis haid. Saya mau ganti dgn pil diane, apakah bsk saya lanjut langsung dengan diane atau tgu haid ini selesai?

  • helda said:

    Saya hbis keguguran , tapi tidak tau cara mkai atau minum pil kb jde sya memulai nya meminum pil yang haid atau bgaimana ?

  • Ita said:

    salam …
    Dr saya baru menikah pad awal bulan ini tapi saya mau menunda kehamilan dulu tetapi suami saymengeluarkan sperma didalam saat kami melakukan hubungan intim ..aku mau menggunakan pil kb tapi aku takut kalau kalau sudah hamil .kalau belum hamil kapan sebaiknya aku mulai mengkonsumsi pil itu dok ?sementaratanggal mens saya pun tidak teratur.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    siska, ganti baru saat jadwal pil mendatang

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ita, mulai minum pil saat mens pertama

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    helda, minum aja saat mens pertama siklus berikutnya

  • nur said:

    Dokter, sy pernah lupa minum pil KB selama kurang lbh 20 jam. Pas ingat sy minum 1 dulu. Ternyata sudah ada bercak darah yg keluar, padahal jadwal haid msh 2 minggu lg. Apakah itu pertanda menstruasi? Lalu apakah tetap dilanjutkan minum pil atau dihentikan? Mhn jawabannya

  • Zidna Aisya said:

    Dok, sy baru saja slesai masa nifas. Sy pingin pakai pil kb laktasi. Bagaima caraminumnya? Apa kalau langsung minum boleh langsung berhubungan intim? Berapa jam boleh berhubungan intim setelah minum pil kb?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    zidna, bisa diminum saat mens mulai atau 3 bulan setelah melahirkan jika belum mens. tapi periksa dokter dulu lihat kondisi kandungan

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nur, minum pilnya dobel. lanjutkan aja. bukan mens

  • eren said:

    Dok sya pkai kb pas hri kedua haid, yg mau sya tnykan kpn bsa brhbnganny???
    Krna hari ke 4 udh brhnti haid.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    eren, bisa setelah 2 minggu biar aman

  • satria said:

    Selamat pagi dok?
    Saya mau tanya apakah pasti.tidak akan hamil,, jika minum pil kb.trus berhubungan intim.dan sperma nya keluar d dalam vagina perempuan.
    ?
    Pil kb sll d minum tiap malam
    . Tapi saya hanya berhubungan 2 minggu! Skali/1 bulan sekali…

    Dan apakah tidak knpa2 jika pil kb minum truus.. tapi tidak ada sperma yg kluar d dalem..

    Mohon jawaban dan pnjlasan nya donk
    Terima kasih,

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    satria, slama tidak rutin minum pil kb sejarang apapun bisa timbulkan hamil jika dilakukan pada masa subur (dan ada masa subur karena efektifitas pil yg minim krn tdk teratur gunakannya)

  • satria said:

    Berarti dok kalo selalu di minum pil nya,rutin tiap malam, itu tidak akan hamil walau pun ada sperma yang masuk ke dlem vagina perempuan

  • satria said:

    Dan jika lgi menstruasi..pil tetep.di munum..atau di tunda dulu..?

  • dwie indriani said:

    dok saya ingin hamil tpi bidan saya menganjurkan saya untuk minum pil kb ,, apa tdak apa2,,

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    dwie, kalo minum pil kb lama ya ga bs hamil malah. tergantung masalahnya apa aja

  • Putri said:

    Dok, saya dan suami melakukan hubungan menggunakan kondom krna kami blm ingin punya momongan, tp tanpa sadar kondom terlepas. Saat itu saya sedang haid hari ke enam. Saya dan suami blm ingin memiliki momongan karena kami akan pisah lokasi kerja, apakah dg meminum pil kb saya dpt mencegah kehamilan dan bgmn aturan minum nya ya dok? Karena ini pertama kali

  • tyas said:

    Dokter jika saya bru minum pil kb diane ternyta saya muntah,saya hrs gmn dok,mnum lgi atau menunda berhubungan

  • Via said:

    Dok, ini hari 8 sya nifas dan msi bercak kecokelatan, saya minum pil kb 2 sekaligus langsung berhubungan setelah minum, apa saya akan hamil? ini kali pertama saya minum pil kb
    mohon infonya dok.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    via, sangat mungkin tidak hamil karena masih dekat nifas

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tyas, kalo kelihatan pilnya bs minum lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    putri pil kb efektif kalo diminum sesuai ajdwal bukan sekali-sekali aja

  • yaya said:

    Dok.saya mau tanya ini mens hari pertama jika mau suntik kb 3 bulan apa darah mens bs lgsg berhenti ya?sblm nya pakai pil ga cocok.thx

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yaya, belum tentu, ada proses

  • ocha said:

    Dok,saya baru saja 2bln menikah ,berhubung belum pengen punya momongan juga setiap berhubgan intim sperma dikeluarkan didalam ,nah saat ini saya udh hari ke 3 mens dok ,misalkan nanti berhubgn intim tp sperma dikeluarin di dalam kalo minum pil kb bgaimana aturannya dok agar tidak hamil juga .dan kapan waktu yg bagus berhubgn intimnya setelah haid saya selesai?terimakasih

  • eki said:

    dok saya mau tanya.sebelumnya saya pakai kb 3 bulan trs saya mau ganti pil kb trinordiol,bagaimana caraminumnya?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    eki, saat mens pertama mulai

  • david said:

    dok,saya mau tanya ,, pada saat hubungan intim saya merasakan seperti mengeluarkan seperma di dalam,tapi sebenar nya saya keluarkan di luar ,, dan pasangan saya takut hamil,apakah itu bisa menyebabkan kehamilan dok ?

    tolong di jawab ya dok . trima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    david. bisa aja hamil

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ocha, tetap kemungkinan hamil bisa aja

  • icha said:

    dok sy kan minum pil diane35 nah pas terakhir kan harus jeda 7hr lalu lanjut kemasan selanjutnya..kalo masih mens meski skrg hari ke 8 tetep diminum kemasan selanjutnya?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    icha, ya lanjutkan minum yg berikutnya

  • imiliana said:

    Dok saya baru berhubungan sperma keluar di dalam, jika besok saya baru minum pil kb apakah tidak terlambat?
    Terimakasih.

  • rika said:

    dok, saia mengidap kallman syndrome dan sejak feb’15 saya minum pil kb yasmine yg d resepkan oleh dokter saya.

    pengobatan apa yg bisa saia lakukan untuk dpt memiliki keturunan selain bayi tabung

    terima kasih dok

  • winnie dewi said:

    Pagi dok.. Saya mau nanya.. Bln feb kmrn saya blm dapat mens..
    Trus saya testpack hasil negative sampe 4 kali. Lalu saya datang
    Ke bidan dan testpack lg hasil nya negative jg.
    Besok nya saya usg ke dokter dan hasilnya juga negative.
    Lalu saya d beri obat perangsang buat mens yg d minu selama 7 hr.
    Tp tanda2 mens blm ada, hanya badan pinggang suka sakit
    Pegel.. Dan emosi lumayan tinggi.
    Kira2 kenapa ya dok.. Hasil negative tp.blm mens..
    Thanks dok

  • lina said:

    Maaf dok untuk pasangan suami istri yang baru dan ingin menunda kehamilannya baiknya pakai kb apa dok? Kalau pil itu baiknya di minumnya berapa hari sebelum melakukan hubungan dok? Terimakasih.

  • Ayya Andrean said:

    Dok.. sya mw tanya.. klo sedang mengkonsumsi susu prenagen esense… apa boleh minum pil kb jga… katanya pil kb jga bisa bikin subur kandungan…benar g ya…???
    Mohon penjelasannya ya dok..
    Terimakasih…….

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ayya, boleh. pil kb ga bikin subur atur hormon bisa

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    lina, pake pil bagus. ya harus pake tiap hari mulai sejak awal mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    winnie bali ke dokternya lagi ya karena harus dicek lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    rika, banyak yang harus dicek ke kelinik khusus fertilitas aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    imiliana, terlambat lah.. harus teratur baru proteksi baik

  • suci said:

    Malam dok.
    Dok mw cerita.2 mgu yg lalu sya berhubungan suami istri.sya takut hamil jdi baru minum pil kb byar cepet menstruasi.krna udh sya tespec 3 kali hasilnya negatip trus.tanda2 menstruasi itu udh ada.seperti nyeri2 bagian perut.gimana dok..?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    suci tunggu aja mens

  • Frida said:

    Dokter sy uda telat 1 minggu pas ditespek hasilnya positif kl sy minum pil kb bs keluar mens ga ya soalnya ga mau nambah momongan dok

  • ririn said:

    Dok sy mau Tanya,, saya bru mengkonsumsi oil KB Diane 35 ,,pil sudah habis tpi kok belom datang haid ya,, !! Mohon jawabannya dok ,, terima kasih

  • Ririn said:

    Siang Dok.
    saya mau nanya, malam ini saya baru minum pil kb besok siangnya saya berhubungan intim apakah bisa hamil dok ?
    mohon penjelasannya ya dok…
    terimakasih……

  • rifda said:

    dok mw tanya .. sama msih baru kawin .. saya ingin menggunakan kb tpi bagaimana caranya ? apakah sebelum hbungan intim ato sesudahnya ?

    klau sebelum .. barapa kali cara pakainya ?

  • Hery Purwanto said:

    Dokter mau tanya, istri saya baru menggunakan PIL KB 1 Minggu , setelah itu kami melakukan hubungan intim dan buang didalam,,, setelah 2 hari keluar bercak Flek pada istri saya padahal Jadwal Mens masih 2 minggu lagi, pertannyaan nya, apa mungkin setelah minum pil KB baru 1 minggu bisa hamil? apakah bercak flek itu tanda Kehamilan?

  • rizma said:

    Dok. Saya kan pakai pil kb diane sblm menstruasi bulan ini.saya mulai pakai pil kb pertengahan bulan. Waktu akhir bulan kn biasanya aku menstruasi. Tpi kok ini sya ga menstruasi2 ya dok ? Saya mau hentikan pemakai kasih jeda tkutnya nanti hamil. Soalnya pil nya blum habis 21. Apa tnggu habis pemakaian 21nya. Bru distop kasih jeda pemakaian. Terima kasihdok

  • ling said:

    dok aku minum pil kb tiap hari, dan hari ini saya keliru, saya pikir pil yg kemarin lupa diminum, makanya saya minum 2 pil sekaligus, tetapi setelah dilihat lagi ternyata pil yg kemaren sudah diminum. berarti hari ini saya minum pil yang buat besok juga. saya jadi kawatir, apakah besok saya harus bagaimana dokter? apakah harus minum pil lagi atau tidak dokter? tolong dijawab ya dok.. terima kasih

  • fira said:

    Dok saya mau tanya. Saya baru habis melahirkan.bulan 1 kemarin. Pas masa nifas saya ke 40 hari saya mengeluarkan darah seperti org haid. Setelah itu saya blum pernah haid slma itu..smpe blan 4 ini..tpi saya sdh testpack..hasil.a negatif.lalu saya ingin minum pil kb yaz..tpi saya masih menyusui..apakah minum pil kb itu tidk pA2..saya sdah minum pil kb yaz dimulai hari senin..jdi sdh 4 hri saya minum pil..apa tidak pa2 saya berhubungan..trus saya mnum pil kb tersebut tidak menunggu datang.a haid jdi sya lngsung minum di hri senin kemarin..krna tkut hamil..jdi tidk menunggu dtng.a haid..tolong di jwb dokter..

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ling gpp lanjut aja seperti semula

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    fira selama menyusui jangan minum pil kb yang isisnya kombinasi hormon. nanti ASI berhenti.ke dokter aja cek ya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    risma, habiskan semua pil baru akan mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    rifda, semua jenis alat KB selalu dimulai saat awal mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    hery, belum tentu. harus dicek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Ririn, bisa hamil kalo minumnya sebelum masa subur. harusnya dimium sejak awal mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ririn cek dokter

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    frida kalo hamil terusin aja

  • srikandi said:

    Halo dok,,,,mau tanya saya kan sdh hampir setahun tdk pakai Kb, yg lalu saya pke kb suntik 3 bln
    Saat ini sy bru mau pke pil kb.
    Yg mau dy tanyain,,,,apakah bru pertama kali konsumsi pil kb bisa lgsung berhubungan dok?
    Tengkiu

  • Tina Pamungkas said:

    Malam Dok..
    Saya baru ingin berKB dgn Pil. Saat ini saya sedang haid hari ke 4.
    Pertanyaannya..apakah kb pil itu hrs dimulai saat haid pertama?
    Jika bukan hari pertama haid bagaimana?dan dimulai pada pil yg urutan keberapa? Terima kasih.

  • Nadia said:

    Dok,saya minum pil kb setelah men dan setelah dua hari saya berhubungan dan hari kempat saya berhubungan lagi apa bisa hamil dok

  • asya said:

    Dok mau tanya..
    Aku uda minum pil kb andalan laktasi sudah sebulan lebih tp sampai skrng belum juga mens selain itu kepala juga pusing,mual n badan g enak semua apa pengaruh pil kb nya ya dok mohon penjelasannya…

  • arin said:

    Dok, saya baru mulai konsumsi pil KB yaz isi 28 tgl 7 mei 2015, hari ke 5 saya mens. Nanti setelah 1 strip habis, saya melanjutkan minum pil kb nya lg jeda 5 hari setelah mens jg atau lgsg dilanjut tanpa jeda? Makasi sebelumnya dok.

  • fallen said:

    krna takut hamil,pas selesai berhubungan,saya minum lagi pil kbny!!!

  • ega said:

    dok saya mau tanya, pada minggu kedua minum pil kb diane, saya terlambat kira2 8 jam minumnya, dan pada mlm itu sy melakukan hubungan intim kira2 bisa terjadi kehamilan gak dok? tpi dihari2 sbelumnya saya rutin minumnya dok gak ada yg tertinggal
    mohon jawabannya dok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ega gpp biasanya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    fallen pil kb efektif kalo diminum teratur dan sesuai jadwal

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    arin, kb dijedakan kalo isinya tidak 28 pil

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    asya, memang pik kb menyusui bisa stop mens. cek dokter ya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nadia, kalo siklus sebelumnya minum rutin sepertinya tidak hamil

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tina kalo baru pertama minum dimulai saat mens pertama. yang selanjutnya sesuai pemakaian berdasarkan brosurnya. jenis obat bisa beda cara

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    srikandi, kalo sebelumnya kb rutin dan lansung ganti pil tanpa terputus boleh aja berhubungan

  • Paskha said:

    Dear dok,, mau tanya
    Saya sudah 5 bulan tidak menstruasi,, dan saya masih mahasiswa belum pernah berhubungan intim
    Sama siapapun, apa yang harus saya lakukan,?? Meminum pil kb,?? Klo pil kb ,? Jenis apa yg saya minum,??? Makasih sebelumnya,,,

  • ana said:

    Dok saya mau tny, sy masih remaja, menstruasi saya tdk lancar, alhasil jerawat dan komedo sy bnyk bermunculan tdk hny di wajah tp jg di punggung, hal ini sudah menahun. Saat menstruasi biasanya perut keram, sy menggunakan ka.diclofenac krn pakai buscopan plus tidak berefek. Apakah sy boleh mengonsumsi pil KB seperti diane untuk menstabilkan siklus menstruasi, mengontrol jerawat dan bulu berlebih seperti di punggung dan perut sy dok? Thanks

  • julia said:

    sore dokter, saya mau tanya apakah pil Kb dapat meniingkatkan kesuburan? benarkah dengan mengkonsumsi pil KB bisa segera hamil?

  • kartini said:

    Dok,sy sdh lma ga pke kb tp skarang mau kb lg tp mens udh hari ke 4 gmn dok…

  • Julia said:

    Sore dok

    Kemarin saya melakukan “hubungan” dengan pasangan saya, dan pasangan saya keluar 2x yang pertama keluar di luar miss V yang kedua katanya tidak berasa keluar ato tidak namun kelamin pasangan saya masih masuk di miss V saya

    saya ingin menanyakan apakah setelah berhubungan boleh meminum pil KB? Karena saya baca jika meminum pil KB harus saat haid, karena saya belum siap untuk pembuahan. Jadi apakah bisa pil KB untuk mencegah pembuahan saya doc?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    kartini, bole pake

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    julia, bukan itu tujuan pil kb, kadang bisa dipake utk perbaiki gangguan hormonal. seprti di “reset” hormonnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ana coba ke dokter kandungan

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    julia, pil kb ga efektif kalo tdk diminum teratur sebelumnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    paskha, coba cek dokter kandungan ya

  • aspiyah said:

    Dok…sy mau tanya sy minum pil kb jam 7 malam…trus pagi pagi ya sy brhubungan intim dgn suami sya…apakah mungkin bisa hamil dg…mslh ya badan sy lemas

  • Ridho said:

    Dok. Cara Make Pil Kb Nya Gimana Setelah ML Atau Sebelum…??

  • mia said:

    Dear dokter,

    Saya melahirkan 10bln lalu, menyusui secara eksklusif sampai saat ini, dan saya belum mendapat menstruasi sejak selesai nifas selama 60hari. Normalkah? Lalu, 3 hari lalu sy berhubungan dengan suami tanpa pengaman, sy takut kebobolan krn belum KB. Bisakah sy minum pil kb laktasi? Sudah terlambatkah krn hubungan intim 3 hari. Amankah mengingat sy blm mens sejak selseai nifas? Trimakasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mia kemungkinan hamil tetap ada. cek dokter aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ridho harus dimulai secar rutin sejak awal mens

  • emilia said:

    kapan saya akan dtng bulan setelah minum pil kb diane 21?

  • rainda said:

    dok, darah nifas sudah berhennti sebelum 40 hari nifas. setelah 40 hari nifas saya blm dpt mens. sya blh tdk minum pil laktasi walaupun blm dtg bln dok?

  • nailissaadah said:

    Dok saya konsumsi kb pil,ini belum jadwal mens kok udah mens ya, ,,, haruse q mens mgu depan, itu kenapa ya dok? Kira2 mgu dpn q mens lgi gk ya kan ssai jadwal di pil nya gitu, tlong djawab ya

  • Yana said:

    Dok, kalau mau pakai pil kb pertama kali apa perlu konsultasi ke dokter dulu? karena saya sudah haid hari ke 3 dan belom sempat ke dokter. apa bisa langsung pakai pil kb diane 35 di hari ke 5 haid?

    Terima kasih

  • Yana said:

    Dan apakah aman dan tidak terjadi kehamilan jika dimulai saat haid di hari ke 5?

    terima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yana bisa berkurang potensinya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    emilia,kalo stop 1 blister jangan langsung lanjut brenti 7 hari nah akan mens

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    rainda, bole minum pil kb laktasi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    yana cek dokter dulu

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nailisaaah, mungkin salah awal minumnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    aspiyah kalo rutin minum pil nya ya tidak hamil

  • sri said:

    dok saya mau nanya,

    saya bersama pasangan saya brsn berhubungan dan tanpa sengaja keluar di dalam. apa yang harus saya lakukan untuk mencegah kehamilan? saya sudah beli microgynon lingkar biru. bagaimana cara pemakaiannya dan dosisnya agar saya tidak hamil.

    Terima Kasih

  • erin said:

    dok , kalo sy check upt , ianya positif ..then sy ambil pil perancang marcilon, marvelon dan microgynon,,, 5 biji sehari .apa kesan pada sy ?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sri, pil kb hanya efektif kalo diminum secara rutin

  • Barir said:

    Dok, saya mau tanya
    Saya biasanya pakai kb suntik 1bln, hari ini saya mens hari ke 8 dan harusnya hari ini waktunya kembali
    Tapi saya ingin ganti pakai pil kb diane, apakah benar kalo saya minum pil nya hari ini?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    barir, ganti pil diminum saat mens ke 1

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    erin, kehamilan bisa berisiko lho pertumbuhan janinnya.

  • Susan said:

    Halo dokter,
    Saya mau mulai menggunakan pil KB. Tapi hari ini sudah hari ke-9 dari hari pertama mens. Apakah saya bisa langsung makan pil KB utk hari yg ke-9?
    Trims, dok.

  • mey said:

    Dok cara minum pil diane gmna?aq baru selesai mns..ap bisa langsung minum.

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    mey bisa minum pil kb bagusnya sih awal mens kalo minum pertama kali

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    susan tunda bulan depan aja

  • selvi said:

    Dok saya mau tanya bagus nya minum kb pagi ap malam hari

  • argy said:

    Dok.saya hbs kuret tgl 6/7 dg hasil pndarahan dis fungsional,darah 2 hari kmdian sdh brsih, 1mgg kmd kontrol di resepkan dismeno n cyclo progynofa isi 21 u reset hormon selama 3bln,kr lg d luar kota resep br keambil tgl 22 pas jadwal rutin haid,kr bingung saya ga minum n baru hari ke 5 haid bersih saya minum. Skrng sdh hbs 1 strip n tgl 19 (sdh 2 mlm ga minum)saya nggu jdwl haid saya sdh ada bercak coklat.baikny saya minum lagi kpn dok?tks

  • cenul said:

    dok, sy uda setahun setelah melahirkan blm mens.sy pngen minum pil kb. Gmn cara mulai minumnya?

  • Heda said:

    dear dok,

    saya saat ini menyusui dengan bayi umur 8m, apakah bisa menggunakan pil kb diane 35?
    tanggal 27/8/2015 sy terakhir haid dan melakukan hubungan tgl 1/8/2015, apakah sebelum menggunakan pil kb harus tespex dulu?

    -thx-

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    heda baiknya periksa dulu. dengan pil kb isinya hormon kombinasi bisa berhenti lho asi nya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    cenul periksa dokter kandungan dulu, cek usg

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    argy, kalo distop akan kelaur darah, ulang aja lagi dari awal saat keluar mens itu

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    selvi kapan aja bisa yang penting waktu sama/berdekatan

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.