Bagaimana cara minum pil KB yang benar ?

191
11393

Salah satu jenis alat kontrasepsi yang populer di Indonesia adalah pil KB. Pil KB berisi hormon (bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja). Pil kontrasepsi pada dasarnya memiliki tingkat efektivitas tinggi untuk mencegah kehamilan (pil kombinasi memiliki kegagalan 1 dalam 1000). Jadi, jika terjadi kehamilan mungkin saja cara pemakaiannya salah.

Pil KB  ada yang berjumlah 21 tablet dan ada yang 28 tablet. Apa sih bedanya?. Ternyata 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya adalah hanya tepung (plasebo) alias tidak memiliki efek pengobatan. Pada saat memakan pil plasebo inilah haid diperkirakan akan muncul atau terjadi. Tujuan disediakan pil tersebut adalah supaya tidak repot dan tidak lupa, tinggal menyambung dengan pil berikutnya tanpa perlu berpikir dan mengingat.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libut/tidak makan pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Apakah nanti tidak hamil?, Ya tidak kecuali tidak mengikuti petunjuk pemakaian pil yang normal. Saat interval inilah diperkirakan haid akan muncul, yang biasanya timbul 2-3 hari setelah pil habis alias masa tidak subur.

 

 

 

 

 

 

Kapan pil KB ini dapat diminum? Biasanya dimulai di hari ke 1 atau ke 5 haid. Minum pil KB sebaiknya diminum pada waktu yang sama sehingga tidak kelupaan. Tidak harus jam yang sama selama tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa 1 hari (24 jam) maka masih dapat diminum 2 tablet langsung pada saat ingat. Namun jika lupa lebih dari 1 hari bisa saja dilanjutkan namun efektifitas berkurang sehingga perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi kondom saat berhubungan intim.

Jika mengkonsumsi pil KB 21 tablet dan lupa melanjutkan pada blister yang baru maka jangan heran mens tidak akan terjadi. Hal ini karena efek dari lanjutkan hormon estrogen dan progesteron pada pil KB tersebut. Cara mengeluarkan mens bagaimana ? mudah saja hentikan pil KB maka dalam beberapa hari mens akan terjadi.

Attention Deficit Disorder Symptoms

191 COMMENTS

  1. Dok, saya mau tanya
    Saya biasanya pakai kb suntik 1bln, hari ini saya mens hari ke 8 dan harusnya hari ini waktunya kembali
    Tapi saya ingin ganti pakai pil kb diane, apakah benar kalo saya minum pil nya hari ini?

  2. Halo dokter,
    Saya mau mulai menggunakan pil KB. Tapi hari ini sudah hari ke-9 dari hari pertama mens. Apakah saya bisa langsung makan pil KB utk hari yg ke-9?
    Trims, dok.

  3. mey bisa minum pil kb bagusnya sih awal mens kalo minum pertama kali

  4. Dok.saya hbs kuret tgl 6/7 dg hasil pndarahan dis fungsional,darah 2 hari kmdian sdh brsih, 1mgg kmd kontrol di resepkan dismeno n cyclo progynofa isi 21 u reset hormon selama 3bln,kr lg d luar kota resep br keambil tgl 22 pas jadwal rutin haid,kr bingung saya ga minum n baru hari ke 5 haid bersih saya minum. Skrng sdh hbs 1 strip n tgl 19 (sdh 2 mlm ga minum)saya nggu jdwl haid saya sdh ada bercak coklat.baikny saya minum lagi kpn dok?tks

  5. dear dok,

    saya saat ini menyusui dengan bayi umur 8m, apakah bisa menggunakan pil kb diane 35?
    tanggal 27/8/2015 sy terakhir haid dan melakukan hubungan tgl 1/8/2015, apakah sebelum menggunakan pil kb harus tespex dulu?

    -thx-

  6. heda baiknya periksa dulu. dengan pil kb isinya hormon kombinasi bisa berhenti lho asi nya

  7. Sore dokter .. Saya mau tanya ? Katanya kan pil KB Diane bisa buat menyetabilkan hormon .. Saya belum menikah tapi hormon saya tidak setabil.. Jika hanya untuk menyetabilkan hormon bolehkan saya minum pil KB sebelum tanggal haid …? Karena tujuan saya bukan untuk menunda kehamilan
    ..

  8. Dok saya mu tanya,, saya udah haid 2 minggu yg lalu.selama ini d.keluarin d luar aja,, skrng mau pke pil kb pertama kali.. Boleh gk di minum mlm ini.. Mkasih 🙂

  9. dok
    saya pake pil KB microgynon
    tapi saya ngga ada gairah utk behubungan dengan suami dan vagina saya kering dok

    saya harus nya ganti pil KB apa ya dok

  10. Hai dok saya perempuan berusia 21thn saya baru menikahkb 3bulan. Saya dan suami tidak berencana memiliki momongan krna dia masih harus berlayar ke luar negri untuk beberapa tahun ke depan . Skrng skrng ini klo berhubungan hanya di keluarin di luar tetapi saya dan suami ingin merasakan di buang didalam vagina,saya belum pernah coba pil kb, cara menggunakan pil kb untuk saya yang belum pernah menggunakan pil kb

  11. dok, setelah hamil anak ke-2 (22 Mei 2016) saya belum pernah mens…apa solusi tepat buat saya?

  12. hallo dok, saya mau baru pertama kali menggunakan pil kb. saya dan suami bekerja di tempat berbeda. ketika kami bertemu, kami ingin berhubungan. bagaimana cara menggunakan pil kb meskipun saya belum waktunya mens?

  13. Hallo dok,
    Dok, saya ini baru mau mulai minum pil kb dan saya pilih microgynon.
    Dalam kemasan pil dijelaskan kalau minum dianjurkan pada hari pertama haid dok dimulai dari tablet yang isinya hanya tepung. Berhubung sekarang saya sudah haid hari ke 3 jadi saya baru minum 1 tablet yang isinya hanya tepung dok, jadi untuk selanjutnya apa saya harus melewatkan 2 tablet tepung sebelum nya dan hanya minum 5 tablet tepung atau tetap minum 7 tablet tepung nya dok?? mohon bantuan nya

  14. kemrin saya habis berhubungan intim sama suami saya dok, sdah lewat 5 hari lalu kmi berhngan nah saya ingin menunda jarak kehamilan, berhbngan saya pertma kali ingin kb saya bingung minum pil kb nya kapan ?? tlng jwb dok ya

  15. Dok, aku mau tanya aku Baru konsumsi pil kb neynna selama 3 hari tetapi pd hari ke 3 ini sperma suami saya sudah keluar di dalam. Apakah ada peluang nya besar untuk kemungkinan untuk hamil dok?

  16. Minum awal sebaiknya saat mens. Kalo lanjutin siklus sebelumny harusnya ngga subur

  17. hai dr .. sebelum ini sy pernah makan pil perancang dan sy stop stlh beberapa bulan .. jadi sekarang sy mahu start balik makan pil perancang iaitu diane 35 .. dr saran kan sy makan pg hari ke 5 haid .. persoalan sy , setelah sy habiskan mkn pil diane 35 untuk 21hari dan stop untuk 7 hari , paket pil diane 34 untuk bulan ke 2 sy mahu makan bila ? adakah hari pertama setelah 7hari tanpa obat ?

  18. Dok,sy mau tanya sya udh kb 6th.tp gk haid smpai skrg,.trs klo mau gnti pil mikrogynon biar bsa haid,sya hrus mulai minum dr yg warna biru atau kuning.mksh

  19. Dok,saya kb suntik yg 1bln,biasanya means rutin,tp sekarang ga mean udh hampir mau 2 bln udh tespek negatif,,kalo saya mau minum pil bisa tidak

  20. Selfia, KB hormonal baiknya jangan lebih 2 tahun. Nah kasus ibu stop dulu ganti misalnya spiral

  21. Kalo baru mulai kb pil. minum dari awal. Artinya kalo baru 1 pil lanjut pil berisi obat. Bukan yg putih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here