7 pemeriksaan utama agar cepat hamil

34
3467

Pasangan sering kali merasa tidak sabar agar bisa hamil. Pasangan dengan usia istri kurang dari 35 tahun maka pemeriksaan ke dokter kandungan dapat dimulai 12 bulan setelah melakukan hubungan intim secara rutin 2-3 kali per minggu tanpa kontrasepsi. Sangat dibutuhkan ikhtiar dan kesabaran pasangan. Apabila setelah 1 tahun belum hamil juga maka pasangan dikategorikan dalam  infertilitas. Pemeriksaan layak dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan masalah kesuburan baik dari faktor wanita, laki-laki atau keduanya.

Pemeriksaan yang dilakukan dalam kasus infertilitas

  1. Pemeriksaan Riwayat pasien. Dokter akan menanyakan: riwayat pasien, riwayat penyakit, riwayat operasi, riwayat perkawinan, pola hubungan intim, riwayat kehamilan (bila pernah), siklus haid, dan sebagainya.
  2. Pemeriksaan Fisik . Dokter melakukan pemeriksaan fisik secara umum (tekanan darah, berat badan, tinggi badan) dan pemeriksaan fisik ginekologis (kandungan).Dokter akan menilai organ genitalia eksterna (bagian luar) seperti vulva, vagina dan mulut rahim, dan pada saat bersamaan akan dilakukan pemeriksaan organ genitalia interna (bagian dalam) menilai kondisi rahim, indung telur dan mencari adanya tumor kandungan.
  3. Pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Dilakukan untuk melihat anatomi rahim, indung telur, saluran telur dan adanya massa (tumor) kandungan seperti kista, mioma, polip dan sebagainya. Pemeriksaan USG idealnya dilakukan menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina (transvaginal) atau jika tidak ada dapat menggunakan USG transabdominal (melalui dinding perut yang membutuhkan kondisi kandung kemih penuh guna memudahkan pemeriksaan).
  4. Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG). Tindakan ini dilakukan di bagian radiologi, berfungsi untuk menilai rongga rahim dan saluran telur (tuba falopii).Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 9-11 siklus menstruasi. Pasien sebaiknya tidak melakukan hubungan intim paling sedikit 2 hari sebelum tindakan.
  5. Pemeriksaan Histerosonografi (SIS). Pemeriksaan ini merupakan alternatif bagi pemeriksaan HSG apabila terdapat reaksi alergi zat kontras, tidak adanya peralatan rontgen atau pada pasien dengan riwayat hamil dan melahirkan sebelumnya (infertilitas sekunder). Tindakan SIS mirip dengan Hidrotubasi.
  6. Pemeriksaan Laboratorium, dalam kasus infertilitas penting dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi yaitu hormon FSH, LH, Estradiol, dan Prolaktin pada hari ke 2-3 siklus haid dan hormon progesteron pada hari ke-21 siklus menstruasi. Bila terdapat riwayat keguguran berulang maka perlu pemeriksaan mendeteksi adanya Sindroma Antifosfolipid (APS) dengan memeriksa Antibodi Anticardiolipin (ACA) dan Lupus Antikoagulan. Jika dicurigai kelainan Sindroma ovarium polikistik (PCOs) maka akan ditambahkan pemeriksaan hormon insulin puasa, glukosa puasa dan pemeriksaan kearah hiperandrogen.
  7. Pemeriksaan Analisis Sperma. Pemeriksaan dilakukan suami setelah menghindari sanggama selama 3-4 hari. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan di laboratorium dengan masturbasi. Pemeriksaan dengan melakukan sanggama boleh dilakukan jika dijumpai kesulitan untuk masturbasi.

34 COMMENTS

  1. Dear dr Prima,

    Kami usia 37thn. Kami sudah menjalani pemeriksaan pd poin 1,2,3,4, dan 7. Menurut dokter kondisi kami dlm keadaan bgs. Hasil pemeriksaan sya sngt subur tp ad sedikit bakteri dan di beri obat dan tdk apa2 kata beliau dan istri dari posisi dan indung telur juga bagus namun ada sedikit kistik dan tdk berpengaruh kata beliau dan d beri obat.

    Namun sudah 11thn kami blm mndpt momongan. Mohon informasinya, apa yg hrs kami lanjutkan periksa untuk mndpt momongan.

    Terima kasih

  2. Dokter saya mau tanya, tanggal 24-8-2015 saya baru saja melakukan tes HSG dan kata dokter harus di ulang lagi bulan depan, katanya tube saya gak ke buka jadi akan di ulang lagi untuk selanjtnya pas silkus haid yang ke 12, karena kemaren melakukan tes HSG di silkus yang ke 9, apakah saya bisa melakukan lagi tes HSG di tempat praktek Dokter di jakarta? dan kalau boleh saya tau kira-kira berapa biyaya untuk tes HSG tersebut. soalnya saya pingin punya anak lagi anak pertama sudah berumur 16 tahun. mohon jawaban dari Dokter makasih

  3. aliya, kalo mau hsg baiknya awal mens hub RS nya buat janji dengan bagian radiologi. hari ke 9-11 dilakukan HSG nya

  4. Malam dok,usia sy 34 saya menikah udh 10thn tp blm dikaruniaai anak tp aawal nikah sy sempat hamil tp keguguran.keluhan saya skr adl sy mentruasi seminggu setelah selesai seminggu mentruasi gejala mentruasi mau datang lg dan sy punya miom kecil. Apa yg hrs sy lakukan makasih.

  5. Malam,
    Mohon informasi dok..bsk pagi sy djadwalkan usg standar&usg transvaginal utk program kehamilan.apakah sblm usg kita tidak diperbolehkan melakukan hub suami istri pd mlm harinya?terima kasih

  6. Dok saya mau tanya,
    Apakah boleh bila LH, FSH, Prolaktin di cek saat hari haid ke 5?
    Bagaimana bila hormon tersebut di cek saat haid sudah bersih?
    Apakah pengaruh pada hasilnya dok?

  7. Dok mau tanya.Saya sdh 2 th 9 bln menikah Tp blm jg hamil.
    Kl mau periksa ke dokter baiknya saat haid atau sesudah.mhn referensinya kl di RS sby dimana ya yg lengkap labnya.Terimakasih.

  8. Dok, saya tdk haid sejak melahirkan anak saya tgl.14 desember 2014, ini kehamilan ke-2, kehamilan pertama sy dikuret krn iufd di usia 10 minggu.., post partum ke-2 ada sisa plasenta jd saya dikuret hingga 2x baru dikatakan bersih, dan sejak saat itu jg belum menstruasi, dari pem.usg kata dokternya uterus normal, sudah diberi obat ut mancing haid, juga blm haid.., sy periksa hormon T3 0.85 ng/ml, T4 8, LH 5,6mlU/mL, FSH 9,71 mlU/ml, prolactin 8,3 ng/ml, Progesteron 0,78 ng/mL, Estradiol 95,5 pg/ml..
    Apa kemungkinan penyebab saya tdk menstruasi dok?apakah hasil pem.labnya normal?
    Apa yg harus sy lakukan selanjutnya?

    Tks atas jawabannya dok

  9. slm dokter. saya deby dr jakarta.. mau banya Dok, sy haid cm sehari, kalau mau tes hormon berarti hari ke berapa yah? terima kasih

  10. Dokter mau tanya…apakah perlunya dilakukan pemeriksaan estrogen ? Apakah utk pemeriksaan estrogen ini blm ada di indonesia?
    Tlg penjelasannya tks

  11. saya bema, saya pernah hamil -+3 bulan dan dinyatakan kematian mudigah (bayi tidak berkembang jadi mati didalam) dokter menyatakan saya harus dikuret tapi 1 hari sebelum dioperasi saya keguguran otomatis yaitu keluar sendiri segumpal darah kemudia saya cek kata dokter sudah bersih dan tidak perlu dilakukan kuretasi.
    2 bulan kemudian sekitar November 2014 perut saya sakit, intinya setelah saya banyak melakukan cek up saya dinyatakan hamil tapi janin berada di saluran tuba (orang biasa sebut hamil anggur), Dokter bilang harus operasi dan akhirnya saluran tubapallopi saya dipotong sebelah kiri.
    dari Desember 2014 sampai dengan saat ini saya belum hamil2, saya sudah minum vitamin dari Dokter, pijit, ke shinshe dan saat ini saya minum elevit (vitamin untuk program hamil) tapi belum hamil2 juga.
    Mohon sarannya apa yang harus saya lakukan, saya sudah hampir putus asa..
    Semoga saya bisa dapatkan jawaban untuk bisa lakukan tindakan selanjutnya

    Terimakasih banyak…

  12. halo dokter mau tanya.saya sedang promil.tp usaha saya gagal terus.padahal jk dilihat tgl mensyruasi saya teratur.31 desember 2016,28 januarin2017,25 februari 2017.26 maret 2017 dan 26 april 2017.saya jg rajin berhubungan ditnggal yg subur.dan rajin minum asam folat blac more,ova care dan vitamin B complex yg high potenci.suami minum ologocare 2×1 vitamine 1×1.tp mengapa ya saya tdk kinjung hamilkaapan sebaiknya saya kinsul kedokter supata promul saya sukses..terimakasihh.
    .

  13. dok ,kapankah waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan hormon .. karena saya pernah baca dari artikel sebelum melakukan promil sebaiknya dilakukan dulu pengecekan hormon agar lebih tau tindakan apa yang tepat untuk selanjutnya . tks dok .

  14. Dokter sy pernah dilakukan tindakan hidroturbasi atau tiup rahim dan hasilnya normal. Apakah perlu tindakan hsg lg. Terima kasih?

  15. Natalia, kalo pertama kali tetap perlu utk lihat kondisi rahimnya juga. Tapi kalo saya SIS mungin juga ga perlu HSG. Dia

    HSG kan bisa dilihat dokter lain. Ini pentingnya juga

  16. Enda. Pemeriksaan biasanya saat haid ke2-4 cek bbrp hormon. Nanti saat h 21 juga periksa untuk progesteron

  17. Dokter sebaiknya hsg dilakukan pada saat mens atau tidak , soalnya saya di ajurkan pada saat mens hari ke 2-5
    Jadi saya bingung

  18. Dokter saya di rujuk hsg ketika saya sedang mens 2-4 hari , nah ketika kebetulan teman saya hsg juga berbeda dengan saya ( teman saya hsg pd saat sesudah mens dan sebelum ovulasi )

    Berbeda dengan saya , apahkah tidak apa apa ? Jika saya hsg pd saat menstuarsi ?

  19. Dokter pd saat konsul sy di berikan obat tonicard dan zithrax. Sy lg program inseminasi. Apa kgunaan obat tersebut. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here