ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » Kandungan

6 kondisi kesehatan yang berisiko sulit hamil pada wanita

Submitted by on Saturday, 27 April 201318 Comments

Usia. Setelah usia 35, kuantitas dan kualitas sel telur mulai menurun. Tingkat kehilangan folikel bertambah, berakibat sel telur menjadi lebih sedikit dan kualitas lebih buruk, sehingga pembuahan menjadi lebih sukar. Wanita lebih dari 35 tahun juga berisiko lebih tinggi keguguran dan memiliki bayi dengan kelainan kromosom yang mengakibatkan kecacatan.

Merokok. Selain merusak saluran tuba fallopi dan mulut rahim, merokok meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik. Selain itu diperkirakan merusak indung telur. Sebaiknya wanita segera berhenti merokok sebelum mulai perawatan fertilitas.

Berat badan. Memiliki berat badan berlebih ataupun kebalikannya, sangat kurus, dapat menghambat terjadinya ovulasi normal. Mendapatkan indeks massa tubuh yang sehat (BMI) terbukti meningkatkan frekuensi ovulasi dan kemungkinan kehamilan.

risiko kesehatan

Riwayat seksual. Penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonorea bisa menyebabkan kerusakan saluran tuba fallopi. Memiliki perilaku hubungan seksual yang tidak sehat seperti berganti-ganti pasangan seksual dan hubungan seksual yang tidak aman meningkatkan kesempatan untuk terinfeksi penyakit menular seksual (STD) yang mungkin menyebabkan masalah fertilitas kemudian.

Alkohol. Minum alkohol dikaitkan dengan risiko gangguan ovulasi yang meningkat dan endometriosis.

Kafein. Mengkonsumsi lebih dari enam cangkir kopi sehari (900 miligram kafein) mungkin mengurangi fertilitas.

18 Comments »

  • Diane said:

    Dear dokter,
    Saya pernah mendengar bahwa penderita vaginismus bisa tetap hamil dengan inseminasi
    Apakah itu benar dok?saya penderita vaginismus, tapi saya sangat ingin untuk hamil
    Bisakah inseminasi ini dilakukan pada saya dgn bius?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Diane
    sebaiknya kita periksa dulu masalahnya dan apakah bisa diterapi. ingat berhubungan intim sangat diperlukan bagi kebahagiaan dan kehamonisan berkeluarga lho bukan hanya faktor reproduksi. juga tentang memiliki anak bukan hanya sebagai kewajiban tapi lihat juga masa kedepannya

  • sariyani said:

    Daer dokter
    nama saya sari yani
    saya tinggal di kota balikpapan, umur saya 25
    saya sudah 3 tahun menikah tapi belum di karunia anak
    saya dan suami sudah periksa ke dr.
    suami saya sehat dan rahim saya sehat tetapi setelah hsg saluran sel telur saya tersumbat kiri dan kanan
    solusinya apa dok , bisa atau tidak saya mengikuti program bayi tabung..?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sariyani
    coba diperiksa dulu apakah bisa dikoreksi, kalo tidak ya bayi tabung

  • Nona said:

    siang dok, saya mohon bantuannya donk, gini dok, saya kalo keputihan itu gatal banget dan berbau tapi ga bau banget2 cuman agak gimana gt loh. nah udah gitu biarpun sering ganti daleman tetap aja gatel and rasa risih bgt kl pake celana panjang suka berasa anget diantara sela2 paha(badan saya 78kg dan tinggi 159cm)dan bikin ga nyaman bgt. Nah tlg donk saya harus gmn ya dok? soalnya kalo buang air kecil jg suka berasa panas/anget kalo pas pagi(buang air kecil pertama). saya mohon bgt bantuannya soalnya agak risih dan malu kalo harus kedokter praktek. tambahan aja dok, saya dl aktif sex sama mantan pacar 3 orang sebelum menikah dgn suami, dan tidak pernah pake kondom tapi kenapa tidak pernah hamil ya dok? apakah saya harus periksa atau gmn dok? saya umur sudah 32 tahun dan pengen sekali menimang anak. mohon sangat bantuan dokter. makasih banyak kiranya tuhan membalas kebaikannya dokter.

  • dariah elis komaria said:

    selamat sore dok….
    dok, saya ingin hamil kembali setelah saya lepas kb kok belum hamil juga.
    saya mendambakan nya, saya sudah periksa usg kata dokternya rahim saya bagus dan diberikan vitamin caxovit.
    tolong bagaimana saya bisa hamil kembali dokter…
    sekarang usia saya 34 tahun
    tolong dok. vitamin apa yang bagus . suami saya jarang datang karna ia kerja di luar kota datang 2 mingu sekali

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    nona
    sebaiknya berbat dokter ya

  • sulastry wulan dari said:

    siang docter.. mau minta bantuan ma dokter saya udag 8 tahun lom punya momongan sedangkan umur saya 27 thn sampai sekarang lom dok …
    bagai mana cara na dok biar cepat punya momongan dok,,, bosen berdua mulu g ada buah hati…. terasa sepi dok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Ibu Sulastri,
    sebaiknya diperiksa suami isri ke dokter kandungan.dicari sebabnya baru bisa diprogram yag sesuai

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    ibu Dariah
    tergantung kb apa yang dipakai sebelumnya. juga suami pulang jarang bisa pengaruh

  • sarinah said:

    Apakah setiap perawan harus mengeluarkan darah saat pertama kali ML?

    Kalau tidak kluar darah…apa penyebab’y ya dok?padahal belum pernah melakukan ML….

  • viwi said:

    Dear Dok,
    saya berumur 26thn, belum aktive sex. Tetapi saya menderita keputihan sudah lama, berwarna kekuningan kental. Sudah periksa ke obyn maupun SpKK. Keputihan tidak sembuh, berbagai obat antiobiotik sudah pernah kukonsumsi yaitu : diflucan, doxyclin,govazol,siclidon,cevixim,clydamicin, flucoral,metrodinazole.
    Test lab juga sudah dilakukan di prodia hasilnya Preparat apusan Gram menunjukkan adanya perubahan bakteri vagina flora normal yang tidak berhubungan dengan vaginosis bakterialis. Kemungkinan ke arah fase transisi.Sebaiknya langkah/atau tindakan medis apa mesti kulakukan agar sembuh dari keputihan ini? Terima kasih.

  • okti dwi wulan said:

    assalamu`alaikum…wr.wb
    dok mau tanya,saya okti umur 24 saya baru nikah bln juli kmren.1bln sblum nikah kan ada imunisasi TT,nah sya imunisasi pas lgi dteng bulan,sya tnya sma bidan`a ktany gpp.imun TT itu da efek`a gak y dok?soalny shbis imun bln brktny sya ga dteng bulan,kulit saya jg jdi kluar gatel2 bintik2 merah ga kluar darah tpi bz tu kulit kring trus nglupas awalny dbag dada bnyk dok trs kprut,sya ga da rwyat alergi.itu kira2 knp ya dok ada hub ga dok sma efek imun TT.gatelny smkin nyebar soalny dok skrg mlah sudah k`muka d`jidat gatel jg bs tu kring trus kulitny nglupas bekas dmuka jd putih2 kya panu.mohon masukanya dari dokter ttg yg saya alami..
    trimakasih banyak dok,maaf kalo ada salah2 kata.
    wassalamu`alaikum…wr.wb

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    viwi,
    wah sebaiknya saya lihat dulu ya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    sarinah
    tidak selalu, bisa karena hymennya tebal

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    okti, saya kira tidak disebabkan imunisasi TT, mungkin hal lain

  • Tina said:

    Dok, saya sudah menikah selama 3 bulan dan rutin berhubungan intim, tapi 3 hari setelah berhubungan intim saat masa subur saya merasa ngilu seperti mau haid di daerah rahim dan mengeluarkan sendawa terus menerus, tetapi saat sudah memasuki tanggal haid saya langsung haid teratur. Apakah itu normal yah dok?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    tina normal aja seperti itu

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.