ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » ginekologi estetik

Variasi Anatomi dan Bentuk Selaput Dara

Submitted by on Tuesday, 8 June 2010141 Comments

Selaput dara atau dikenal juga sebagai himen secara historis dianggap sebagai penanda keperawanan wanita.  Hymen diambil dari nama dewa perkawinan pada jaman Yunani kuno. Pada beberapa wilayah dan budaya keperawanan masih dianggap sebagai nilai penting yang melambangkan kesucian wanita. Robeknya kesuciannya dapat berakibat pengucilan hingga kematian seorang wanita. Pada suku terpencil di Australia adalah merupakan budaya untuk merobek selaput dara seorang calon pengantin 1 minggu sebelum pernikahannya oleh wanita yang dituakan. Bila ditemukan himen telah robek maka wanita tersebut menjadi bahan gunjingan, hukuman bahkan kematian.

Menurut medis robeknya selaput dara disamping karena adanya trauma/luka akibat hubungan seksual pertama kali, dapat pula disebabkan karena masturbasi atau pemasangan tampon vagina untuk menampung darah haid, adanya regangan yang berlebihan saat berolah raga, senam, jatuh terkena gagang di sepeda, saat pacuan kuda atau dapat robek tanpa sebab apapun.

hymen_anatomy

Gambar anatomi selaput dara

Selaput dara merupakan lapisan tipis seperti selaput lendir yang mengelilingi atau menutupi liang vagina bagian luar. Selaput dara merupakan bagian dari alat kelamin luar (vulva). Hingga saat ini fungsi medik selaput dara tidak diketahui secara pasti, kemungkinan saat bayi berfungsi melindunginya dari kotoran dan bakteri yang mungkin masuk. Letak selaput dara sangat dekat dengan muara vagina dan dilindungi /ditutupi oleh labia minora dari luar.

Pada bayi yang baru lahir, saat masih di bawah pengaruh hormon ibu, selaput dara berbentuk tebal, berwarna merah muda pucat, menonjol dan berlipat. Sering kali belum terbentuk lubang pada selaput tersebut. Selama dua hingga empat tahun kehidupan, bayi mulai menghasilkan hormon estrogen merangsang terbukanya saluran himen yang cenderung berbentuk bulat cincin (anular). Diameter pembukaan himen kira-kira 1 mm untuk setiap tahun bertambahnya usia . Pembukaan saluran ini berbeda pada setiap wanita tergantung pengaruh hormon tubuhnya. Fungsi lubang pada selaput dara adalah untuk mengalirkan darah haid. Pada saat seorang gadis mencapai usia sekolah, pengaruh hormonal ini telah berhenti dan selaput dara menjadi tipis, halus, lembut, elastis, hampir tembus pandang dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Lubang selaput dara pada wanita bervariasi besarnya, biasanya hanya dapat dilewati oleh jari kelingking dengan tanpa merusaknya. Pada wanita yang telah melahirkan pervaginam himen akan rusak dan hanya tingga sisanya saja. (karunkula mitriformis)

Jadi selaput dara janganlah dibayangkan seperti dinding yang menutupi total lubang vagina. Melainkan seperti selaput tipis dengan lubang pada dindingnya.

Ketika selaput dara robek untuk pertama kali dapat ditandai dengan keluarnya sedikit darah dan nyeri. Terkadang bisa mengeluarkan banyak darah kalau robekannya melebar. Keluarnya darah dan nyeri merupakan hal yang normal dan akan segera hilang. Namun tidak selalu trauma pada selaput dara menimbulan perdarahan. Pada selaput dara yang elastis sering tidak terjadi perdarahan. Sehingga kesucian seseorang wanita seharusnya tidak semata-mata ditandai dengan keluarnya darah atau tidak pada saat berhubungan intim pertama kali.

Dapatkan terjadi kehamilan tanpa robekan selaput dara?

Perlu diingat juga bahwa kehamilan dapat terjadi tanpa robekan selaput dara atau tanpa adanya penetrasi. Pada masa subur, wanita mengeluarkan banyak lendir yang encer agar sperma bisa bergerak masuk ke dalam rahim dengan mudah. Sehingga walaupun masih terlapis celana sperma masih bisa menembusnya. Atau ketika terjadi kontak langsung antar penis dengan bibir vagina/vulva sperma masih dapat bergerak masuk.

Variasi bentuk selaput dara

  • Selaput dara tipe anular merupakan bentuk yang selaput dara yang sempurna. Disebut tipe anular karena bentuknya bulat penuh seperti cincin dan bentuk yang paling sering ditemukan.

hymen_annular

  • Himen tipe septum karena adanya selaput yang membentuk septum atau jembatan pada muara vagina karena pembuatan lubang yang tidak sempurna.
  • Himen tipe bulan sabit. Berbentuk cincin yang tidak sempurna bulatannya.
  • Tipe selaput dara yang jarang ditemukan dimana berbentuk bibir vulva. Terjadi gangguan saat pembentukan lubang.
  • Selaput dara dengan tipe Fimbia ditandai dengan pola tidak teratur (ireguler) pada dindingnya.
  • Himen tipe dentikuler karena berpola seperti gigi disekeliling lubang himen.
  • Himen tipe subseptus. Merupakan tipe himen yang jarang ditemukan. Bentuknya seperti septum namun tidak penuh (mirip bentuknya dengan anak tekak)

himen grup

Kelainan selaput dara yang membutuhkan operasi perbaikan

  • Disebut sebagai himen kribiformis yang ditandai dengan banyaknya lubang kecil seperti saringan. Sering ditemukan kesulitan dalam berhubungan seksual dan membutuhkan pembedahan untuk koreksi.
  • Pada beberapa gadis hanya ditemukan lubang yang sangat kecil (seperti pentul jarum). Dapat menimbulkan kesulitan dalam hubungan seksual bahkan membutuhkan pembedahan untuk melebarkan lubangnya.
  • Himen yang tidak memiliki lubang atau himen imperforata. Biasanya ditemukan pada bayi baru lahir. Apabila lubang tidak terbentuk hingga dewasa maka akan terjadi gangguan dalam mentruasi. Ditemukan pada 1 dalam 2000 wanita. Pada wanita tersebut harus dilakukan tindakan operasi untuk membuat saluran himen.


imperforata

Anatomi selaput dara dengan riwayat trauma (hubungan intim, penggunaan tampon, masturbasi) sebelumnya

  • Bentuk selaput dara pada wanita yang robek saat melakukan hubungan seksual pertama kali. Tampak robekan pada bagian belakang arah jam 4,5,7,8.

hymen_broken

  • Himen wanita yang melakukan masturbasi hingga ke dalam vagina (interna) atau pada wanita pengguna tampon. Terjadi perubahan bentuk himen dan kadang ditemukan robekan.
  • Bentuk himen yang nyaris hilang pada wanita yang telah melahirkan anak pervaginam.

hymen_parousintroitus

141 Comments »

  • vidia said:

    dok, anak perempuan saya usia 34bln. di miss v nya keluar darah spt menstruasi.
    sebelumya pernah keluar lendir kecoklatan.apa berbahaya dok?

  • Indah said:

    Dok saya mau tanya, klo dibagian bwah yg lubang bergerigi itu namanya selaput dara kah?tp ko seperti benjolan yah dan warnanya buka merah tp putih?apakah itu tidak bermasalah?terima kasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Ga gitu harusnya. Coba diperiksakan ya ke praktek. Bs dokter terdekat jg

  • Remon said:

    Dok, saya mau mengecek keperawanan calon istri saya, apakah yg harus saya siapkam ya dok, apakah langsung datang ke praktek doker? Terimakasih

  • ysant said:

    Mohon bantuannya dok..
    Saya udah menikah sekitar 1 setengah tahun..tapi belum pernah berhasil melakukan hubungan intim..tidak pernah bisa menembus selaput dara isrti saya..saya udah pernah cek ke dokter kandungan kayanya selaput dara nua normal.. Bisa gk dok istri saya melakukan operasi buka selaput dara?
    Mohon bantuannya dok. Terima kasih

  • desy said:

    Dok mau tanya,anak saya jatuh dr kursi pas kena vaginanya keluar darah,,apakah bisa menyebabkan hymen nya sobek??

  • rita said:

    Hamba Allah:
    Assalamu’alaikum,…langsung aja dok. Apakah hymen imperforata bisa di tembus dengan penis ??
    Saya mempunyai selaput dara yang tidak berlubang tapi saya bisa haid katanya kalo hymen imperforata tidak bisa haid…mohon penjelasanya dok trimakasih.

  • dita said:

    Dok , saya umur 19 saya sejak 3tahun yang laku sering menggesek-gesekkan kemaluan saya diguling, dan bersama pacar, saya sering petting tapi tidak memasukkan jari dikemaluan. Apakah saya selaput dara saya masih utuh? Apakah masih perawan saya?

  • susilo said:

    dok saya mau tanyak mulai adanya lubang kemaluan itu sejak bayi perempuan umur brapa?

  • Tika said:

    Dok. Anak saya berusia 11 tahun setengah. Di tengah2 miss v nya/itu selaput daranya, berwarna putih dan tidak berbentuk (seperti lendir tetapi bukan lendir dan tidak bulat) dan dia belum haid. Kalau begitu kenapa yahh dok? Apa itu keputihan karena jamur / bagaimana dok? Apakah itu berbahaya? Di celana dalamnya kadang ada bercak lendir seperti warna keju cottage. Dan bagaimana cara bagaimana?
    Maaf dok saya banyak bertanya. Trms

  • Iis ismayanti said:

    Dok saya mau tanya, vagina saya pernah dimasukan jari. Setelah hal itu terjadi pas saya B.A.K pada bagian perbatasan vagina dan anus terasa perih terkena air, di lihat dg bantuan kaca di bagian perbatasan vagina dan anus ada goresan semacam tergores kuku tangan. Apakah itu bisa menjadi penyebab sebuah penyakit ? Dan bagaimana cara mengobatinya ? Jwbn dokter sangat di tunggu dan di butuhkan, trims

  • mega said:

    Selamat siang dok,

    Dok saya mau tanya, saya masih single, saya kan keputihan jadi kalau membersihkan vagina sampai ke area dalam. Nah kalau meraba ada semacam daging seolah bentuk lidah gitu, terasa seperti bertingkat dan dua bibir yg merapat, permukaannya licin dan ditengahnya macam ada lubang. Cuma dok, pernah waktu saya selepas buang air kecil dan membersihkan vagina saya ketika sampai di daerah itu, ada bercak darah tapi g banyak dan g keluar terus menerus hanya sekali itu saja. Saya pikir saya akan haid, jadi saya cuek saja, sebulan / 2 bulan kemudian di area itu di permukaannya muncul macam benjolan kecil seperti jerawat kecil yg baru tumbuh jadi permukaan jadi kasar, cuma di sisi sebelahnya itu licin. Saya periksa ke dokter dia melihat area V saya katanya ok g ada masalah atau benjolan yg mengidentifikasi tumor, di USG rahimnya juga OK. saya jelaskan kecemasan saya, dokter tersebut bilang oh itu sih selaput dara gpp itu, g ada masalah. Benjolannya sih sekarng tdk bertambah besar, atau sakit ketika di tekan, cuma permukaannya semakin kasar, hanya utk sisi tersebut, sisi lainnya masih licin. Itu apakah selaput dara saya memang sobek ya dok? permukaan kasar dan agak terasa ada benjolan itu wajar kan?

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Wah saya harus periksa. Ga bs bayang2in aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Saya harus periksa. Apakah ada masalah di hymen nya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Saya harus periksa langsung. Ga jelas sy bayanginnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Dari bayi bs sdh ada lubangnya. Tapi kadang sampai beberapa tahun baru terbentuk lubang. Masih tumbuh kembang organ kelaminnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Kepastian hrs dicek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Bukan imperforata artinya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Harus dicek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Kontrol ke praktek saya deh. Sy lihat lagi

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Datang aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Hrs lihat sy

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Bawa ke dokter aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Harus diterapi. Cek ke praktek aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Cek praktek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Harus dicek lah..

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Nanti kalo udh remaja dicek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Kadang ikut kegesek. Pastinya sih di cek aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Mgkn ada keputihan atau belum cukup foreplaynya. Gpp sih janinnya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Gpp

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Robek atau ngga ya harus dicek pastinya

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Wah harus dicek tuh. Bs aja robek

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Kaya warna kulit. Terang kemerahan dibandingkan kulit luat

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Bs robek juga. Cek praktek aja

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Robek biasanya. Hyemn itu dekat lobang luar kok

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Sini saya cek dulu kalo ga ada ya bisa dioperasi. Biaya tanyakan ke rs brawijaya 021 7211337

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Bisa robek kalo masuk jari

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Bisa tetap ada robekan walo tdk berdarah. Kemungkinan elastis dan utuh bs juga. Pastinya ya diperiksa

    Masih tetap bs hamil walo dibuang diluar

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Normal aja. Bisa robek atau utuh. Cek biar pasti

  • Dyah said:

    Dok mau tanya saya umurnya udah 16 tahun tpi belum menstruasi dok..caranya gimana agar cepat menstruasi??

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Sebaiknya segera kontrol dokter utk cek lengkap.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.