Remajakan organ intim dengan Vaginoplasti

22
235

Kelemahan otot vagina

Proses persalinan, penuaan, dan faktor genetik seringkali  menyebabkan gangguan  fungsi vagina. Dalam persalinan  saat bayi keluar melalui jalan lahir, otot, fasia dan ligamen dapat mengalami robekan dan menjadi lemah dan longgar. Otot perineum dan dasar panggul yang turut menyokong vagina juga dapat mengalami hal yang sama.  Namun ternyata lemahnya otot vagina dan panggul juga dapat dialami wanita yang belum melahirkan ! Penyebabnya bisa karena: lemahnya jaringan penyokong otot (genetik), batuk lama, dan peningkatan tekanan rongga perut seperti mengangkat berat, atau kegemukan.  Diameter vagina menjadi lebih besar, kehilangan kekuatan jepitan dan kontrol pada kontraksi otot vagina. Akhirnya menyebabkan hilangnya sensasi dan kenikmatan seksual. Pada tahap ini vagina tidak berfungsi secara optimal.

Masalah ini dapat menyebabkan gangguan dalam rasa percaya diri, rasa kepuasan dalam hubungan intim dan berpengaruh pada kehidupan seksual keluarga. Cara ampuh untuk memperbaikinya adalah melakukan peremajaan vagina (vaginal rejuvenation) yang juga dikenal sebagai vaginoplasty.

Vaginal Rejuvenation/Vaginplasty

Vaginoplasty merupakan tindakan rekonstruksi pada vagina  untuk membentuk kembali vagina yang normal. Tindakan Vaginoplasty bertujuan untuk membentuk kembali dan  mengencangkan otot vagina, perineum dan dinding panggul sehingga vagina kembali ke keadaan bentuk dan fungsi  “pra-kehamilan”. Vaginoplasty bahkan sangat dianjurkan pada wanita yang mengalami “penurunan”  organ perut seperti kandung kemih (sistokel), saluran uretra (uretrokel), rektum (rektokel) atau  usus (enterokel). Juga pada keluhan inkontinensia dimana penderita tidak dapat menahan keluarnya air seni atau feses yang keluar secara spontan.  Proses perbaikan bentuk vagina sekaligus perineum dan otot dasar panggul dapat menyebabkan peningkatan gairah dan kepuasan seksual bagi wanita (dan juga laki-laki)!

Bagaimana proses vaginoplasty ?

Dr. Prima Progestian, SpOG dari RS Muhammadiyah Taman Puring dan  Brawijaya Women and Children Hospital Jakarta menjelaskan tindakan vaginoplasty dapat dilakukan di Indonesia, tidak perlu pergi ke luar negeri. Vaginoplasty dilakukan dengan cara membuang jaringan yang berlebih, merapatkan jaringan penyokong dan otot dinding vagina, perineum dan dasar panggul. Tindakan ini akan membuat vagina menjadi rapat kembali.  Operasi dilakukan dengan melakukan pembiusan umum, namun pada kasus yang tidak parah dapat dilakukan pembiusan lokal. Tindakan berlangsung dalam satu hingga dua jam dan prinsipnya pasien dapat pulang pada hari yang sama. Setelah tindakan pasien tidak perlu bedrest, dapat berjalan dan melakukan kegiatan ringan. Kadang pasien mengeluhkan adanya perdarahan ringan atau nyeri akibat pembengkakan pada daerah operasi. Namun biasanya akan hilang dalam waktu satu atau dua hari. Selama proses penyembuhan pasien dilarang untuk berhubungan intim, douching atau memasang tampon dalam waktu 6 minggu setelah operasi.

Untuk informasi tentang vaginoplasty dapat menghubungi RS Muhammadiyah Taman Puring (021 7208358) atau Klinik Permata Bintaro (021 7371737)

22 COMMENTS

  1. valyshaa, biaya bisa tanyakan ke rs muh taman puring 021 7208358 sebaiknya periksa dulu ya

  2. Dok,Kira-kira untuk orang yang belum pernah melahirkan apakah bisa melakukan operasi ini?
    Apakah operasi ini bisa sekaligus dilakukan dengan operasi hymenoplasty?
    Waktu yang diperlukan kira-kira berapa lama ya dok?
    Apabisa langsung pulang lagi karena saya berada diluar kota.
    Bole minta alamat e-mailnya dok?
    Terima kasih.

  3. Dok,apakah vaginoplasty bisa dilakukan pada ibu post melahirkan 1bln atau menunggu harus 3bulan post lahiran.
    Dok boleh minta alamat e-mailnya
    Terimakasih dok

  4. Dokter saya baru melahirkan 1 bulan dan mengalami keluhan saat duduk atau bangun dari duduk sepert keluar angin dari vagina. Sudah diperiksa dokter spog tidak ada fistula, Keluhan sangat mengganggu saya, apakah dengan
    dilakukan vaginoplasty akan sembuh. Mohon jawaban dikirim via email . Makasih.

  5. Malam Dok,
    Saya seorang suami dari istri yang sebelumnya tidak perawan dikarenakan dulu pernah mengalami kejadian pemerkosaan dan sesungguhnya saya ingin merasakan kebahagian dengan merasakan keperawanan dari istri sendiri.
    Kami sekarang sudah mempunyai anak 2 (putra dan putri).
    Yang ingin saya tanyakan, apakah operasi ini bisa sekaligus dilakukan dengan operasi hymenoplasty?
    Waktu yang diperlukan untuk operasi ini kira-kira berapa lama ya Dok?
    Apakah Dokter juga membuka praktik di Kota Bekasi atau apakah Dokter ada rekomendasi dimana Rumah Sakit di Kota Bekasi yang bisa melakukan operasi hymenoplasty tersebut?, serta mohon bantuannya dapat diinformasikan juga berapa biaya yang diperlukan untuk operasi tersebut?
    Atas bantuan serta informasi yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
    Salam.

  6. Dok,Saya pertnyaaannya sama kayak Iccaa,

    untuk orang yang belum pernah melahirkan apakah bisa/boleh melakukan operasi ini?

    Apakah operasi ini bisa sekaligus dilakukan dengan operasi hymenoplasty?

    Waktu yang diperlukan kira-kira berapa lama ya dok?

  7. Dokter..saya mau konsul.jahitan perineum saya lepas.skrg sdh berjalan 4th.sangat tdk nyaman jika sedang berhubungan krna terasA longgar.dan klo buang angin, anginnya masuk ke vagina.bisakah dilakukan penjahitan kembali dok..agar perineum saya kembali spt semula.atau kah diperlukan tindakan vaginoplasty.

  8. Bisa. Silakan kontrol dulu ke rs brawijaya atau rs muhammadiyah taman puring. Harga bs tanyakan langsung ke RS

  9. Tergantung sisa hymennya. Saya harus periksa dulu..baiknya kontrol

    Dibekasi ga praktek dan ga tau siapa yg bisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here