ginekologi estetik

kategori ini membahas bagaimana mendapatkan kecantikan paripurna bagi wanita tidak hanya tubuh yang tampak namun juga organ intim wanita

Kandungan

kategori ini membahas penyakit dan pengobatan kelainan pada kandungan, anatomi wanita,kontrasepsi, seksologi dan kesehatan wanita secara umum

Kehamilan

kategori ini membahas tentang seluk beluk kehamilan; sebelum hamil, selama hamil, persalinan dan masa nifas juga mengupas masalah infertilitas dan ultrasonografi kebidanan

Pembedahan

kategori ini akan membahas tindakan operasi (pembedahan) pada bidang obstetri dan ginekologi

Seksologi

kategori ini membahas permasalahan seksualitas pasangan khususnya wanita

Home » ginekologi estetik

Hymenoplasty : Rekonstruksi selaput dara – “bringing back to virginity”

Submitted by on Saturday, 15 May 2010464 Comments

Hymen atau yang dikenal juga selaput dara adalah lapisan tipis/mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina.  Banyak yang mengira bahwa selaput dara ada di dalam vagina. Bukan ! selaput dara berada pada bagian luar  vagina dekat (1-2 cm) dari bibir kemaluan. Selaput dara merupakan lapisan tipis dan mudah untuk mengalami robekan. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan saraf. Oleh karenanya, robekan pada selaput dara seringkali disertai perdarahan dan nyeri.

Selaput dara jangan dibayangkan sebagai selaput yang total menutupi liang vagina, namun merupakan selaput yang berbentuk seperti cincin yang mempunyai lubang ditengahnya. Gunanya adalah untuk mengalirkan darah menstruasi dari dalam rahim. Hanya saja lubang bisa bervariasi besar dan bentuknya, ada yang menyerupai bulan sabit atau seperti saringan. Apabila terjadi gangguan tumbuh kembang genitalia kadang ditemukan kelainan dimana selaput seperti dinding yang menutupi total liang vagina disebut juga hymen imperforata yang akan menimbulkan gangguan haid pada masa akil balik.

Pada anak, selaput dara masih tipis dan bahkan hampir tembus cahaya. maka, pada anak, selaput dara lebih mudah mengalami robekan, terutama akibat olahraga seperti berkuda, bersepeda, atau senam.

Setelah pubertas, akibat pengaruh hormon estrogen, selaput dara akan sedikit menebal dan berwarna merah muda. Biasanya pada hubungan intim pertama kali selaput dara akan mengalami robekan. Tapi perlu diingat bahwa ketebalan, bentuk, dan elastisitas hymen berbeda-beda pada setiap wanita.

Belakangan ini berkembang teknik operasi untuk mereparasi selaput dara yang terlanjur robek. Baik akibat kecelakaan maupun karena hubungan seksual. Teknik operasi tersebut disebut hymenoplasty.

Tujuan hymenoplasty adalah mengembalikan selaput dara seperti keadaan sebelum terjadinya robekan. Biasanya dilakukan karena alasan moral, budaya atau sosial.

Hymenoplasty termasuk operasi kecil. Secara umum dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih satu jam, tergantung tingkat kesulitannya.Biasanya dilakukan dengan bius lokal atau bila perlu dilakukan pembiusan total dan dapat dilakukan sebagai rawat jalan/perawatan satu  hari.

Dr. Prima Progestian, SpOG yang berpraktek di RS Muhammadiyah Taman Puring dan Brawijaya Women and Children Hospital di Jakarta mengemukakan ada dua macam teknik operasi hymenoplasty, yaitu simple hymenoplasty dan alloplant. Simple hymenoplasty dilakukan jika selaput dara hanya mengalami robekan dan masih ada yang tersisa. Pada bagian yang robek, dilakukan penjahitan (reaproksimasi), biasanya dengan benang yang dapat diserap, sehingga selaput dara kembali ke bentuknya semula. Tetapi, jika selaput dara sudah rusak berat atau hilang sehingga tidak mungkin lagi dijahit, operasinya dengan teknik alloplant. Pada alloplant, dilakukan pemasangan selaput dara buatan.

Sebelum pembedahan pasien melakukan konsultasi dan pemeriksaan kandungan secara umum. Pada saat ini dapat dilakukan diskusi tentang manfaat serta risiko yang dapat dialami selama pembedahan. Penyembuhan dapat berlangsung dalam 1 hingga 6 minggu dan waktu berhubungan intim dilakukan dalam waktu 4- 6 minggu setelah pembedahan.

464 Comments »

  • Susan said:

    Dok bisa minta emailnya..
    Saya mau konsultasi..
    Terima kasih

  • putri said:

    selamat siang dok. dok saya mau konsul. saya mau hymenoplasty. mohon diemail price listnya.

  • putri said:

    dok boleh minta alamat email. saya mau konsultasi

  • Doni said:

    Dok, tolong kirim ke email daftar harga dan persyaratan untuk hymenoplasty nya ya dok. Trims

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Biaya tanya langsung ke RS Brawijaya aja 021 7211337. Ga ada syarat khusus, cuma setuju operasi n cek lab aja. Kalo kurang 18 th ada keluarga

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Sdh email

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Biaya tanya langsung aja ke RS brawijaya 021 7211337

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Biaya tanya ke RS brawijaya 021 7211337
    – operasinya 1/2 – 1 jam
    – langsung pulang
    – ga ada syarat khusus. Mau operasi dan cek lab

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Tanya langsung RS Brawijaya 021 7211337

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Email sdh dikirim

  • Gita wulandari said:

    Dok. Saya mau tanya ko di website RS muhammadiyah nya sendiri tidak ada pelayanan Hymenoplasty. Mohon penjelasan.

  • DheyaR said:

    Dokter prima, boleh dikirimkan melalui email daftar harga hymenoplasty serta prosedur terimakasih

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Di RS Muhammadiyah tdk ada layanan hymenoplasty tapi adanya vaginoplasty

    Hymenoplasty sy lakukan di RS Brawijaya. Utk info dan biaya tanya lgs aja 021 7211337

  • Dr. Prima Progestian, SpOG (author) said:

    Utk biaya tanya langsung RS Brawijaya 021 7211337

    Prosedur:
    – saya periksa di poli rs brawijaya
    – cek lab
    – isi persetujuan operasi
    – proses operasi: bius lokal, bisa lgs pulang, kontrol 2 mgg pasca operasi

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.